Selasa, 03 Januari 2023

Kapolda Bangga Kerja Keras Brimob Kaltim



BALIKPAPAN-Dua batalyon pasukan Brimob Polda Kaltim berjumlah 209 personel  tiba kembali ke Balikpapan. Mereka merupakan pasukan Brimob yang ditugaskan kurang lebih 12 bulan dalam Operasi  Damai Cartenz di Papua 104 personel dan Operasi Madago Raya di Poso, Sulawesi Tengah, 109 personel.


Kedatangan pasukan disambut Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono dan kerabat keluarga pasukan di Lapangan M Yamin,  Jalan Jenderal Sudirman, Stal Kuda, Balikpapan, Senin (2/1).

Kapolda bangga serta mengapresiasi kerja keras Brimob Kaltim berhasil menindak kelompok MIT (Mujahidin Indonesia Timur) atas nama Askar alias Pak Guru di Desa Gayatri, pesisir utara Kabupaten Poso dan Suhardin alias Jasan Pranata di Dusun Salubanga Kabupaten Parigi Moutong. 


“Termasuk Satgas Damai Cartenz yang mengevakuasi 10 karyawan PT DHR, pekerja pembangunan jalan Trans Papua di Kampung Mangabib Distrik Oksebang Kabupaten Pegunungan Bintang,” jelasnya.


Brimob Kaltim juga terlibat pengawalan pemulangan 500 pengungsi Distrik Kiwirok akibat gangguan kelompok kriminal bersenjata (KKB), pemulihan kembali operasional bandar udara Kiwirok setelah 1 tahun berhenti beroperasi, sehingga penerbangan sipil dapat kembali normal.


“ Evakuasi tiga korban meninggal dan selamat dari pembantaian oleh KKB Kodap Bintang Timur terhadap tukang ojek, mengamankan PT PLN guna pemulihan listrik di Kabupaten Pegunungan Bintang, Mengembalikan situasi keamanan Distrik Serambakon pasca terjadinya pembakaran Sekolah SD dan SMP yang disertai kontak tembak antara Polri dengan KKB sehingga aktifitas warga kembali normal,” paparnya.


Sementara, Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai menambahkan, dalam operasi Mandigo Raya ini, kontribusi personel Polda Kaltim cukup luar biasa.

Pasukan ditempatkan di sejumlah pos sekat yang ada di Poso Sulteng. Pasukan Brimob ini berhasil melumpuhkan salah satu gembong teroris kelompok Ali Kalora yang berafiliasi dengan JAD.


“Salah satu gembong yang DPO berhasil diringkus pasukan ini, sehingga ini bisa menjadi motivasi bagi rekannya yang lain,” papar Andy. Satu personel yang terlibat Operasi Damai Cartenz,  dipulangkan setelah menjadi korban kontak senjata dengan Kelompok Separatis Papua (KST).


“Satu pulang lebih awal karena mengalami luka tembak,” paparnya. Personel ini akan menjalani terapi dengan physicolog yang telah disiapkan.

Tidak ada komentar:

Di Balik Ketangguhan Brimob Kaltim Dalam Operasi Damai Cartenz Papua

Patroli Naik Turun Gunung, Mengendap di Hutan, Pastikan Keamanan Masyarakat BALIKPAPAN - Para ksatria itu tiap hari berpatroli sekaligus men...