Sabtu, 24 Desember 2022

Tongkang Batubara Tabrak Tiang Jembatan Mahakam, Kapolresta Samarinda Cek TKP



SAMARINDA, Kapal tongkang bermuatan batu bara menabrak Jembatan Mahakam, Kota Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). 


Polresta Samarinda tengah menyelidiki insiden itu termasuk mencari keberadaan pemilik kapal.


Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (23/12) pukul 07.20 Wita. Awalnya kapal tersebut bergerak dari hulu ke arah pelabuhan Muara Berau, Samarinda.


"Iya benar terjadi tabrakan," ujar Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Ary Fadli, SIK, MH, MSi


Dalam press releasenya sore ini Kapolresta mengatakan, pihaknya memeriksa empat orang saksi terkait insiden tongkang bermuatan batu bara, yang menabrak pilar Jembatan Mahakam Samarinda. Ia menyebutkan dua dari empat saksi tersebut adalah Nahkoda dan Juru Mudi kapal.


Ia juga menjelaskan, Tongkang yang menabrak memiliki nama lambung Apol 3017 dan tengah ditarik oleh Tugboat (TB) Mitra Anugerah 1 dengan diassist oleh TB Herlin 19.


"Spesifikasinya Tongkang 300 feet," sebutnya.


Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan bersama BBPJN dan anggota DPRD Kaltim untuk melihat kondisi ketahanan jembatan tersebut.


Namun ungkapnya, kondisi slabe on pile atau penumpu tiang jembatan yang tertabrak belum terlihat karena pasang air sungai.


"Nanti kondisi detailnya dari BBPJN langsung," ucap Kapolresta Samarinda.


Terkait dugaan awal terjadinya insiden tersebut, Kombes Pol Ary Fadli mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan.


"Apakah ada kelalaian atau faktor lain masih kita selidiki," lanjut Kapolresta.


Terkait insiden ini pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Samarinda, untuk mengetahui aturan atau SOP untuk dilakukannya pelayaran.


"Yang jelas saat ini kami memastikan Jembatan Mahakam ini aman untuk dilalui. Oleh sebab itu dilakukan pengecekan tadi," ucapnya.


Untuk diketahui saat ini baik TB atau Kapal Tunda dan tongkang bermuatan batu bara yang ditariknya tersebut masih berada di salah satu Dermaga kawasan Gunung Lipan, Loa Janan Ilir.

Tidak ada komentar:

Isu Penculikan Anak Hoax, Kapolresta Samarinda : Situasi Kamtibmas Aman Terkendali

SAMARINDA, Dalam sepekan terakhir, media sosial heboh kabar penculikan anak di bawa umur dan dijual organ tubuhnya. Isu ini ramai dibicaraka...