Selasa, 08 November 2022

PERSONEL POLSEK PALARAN SAMPAIKAN MEKANISME PEMBUATAN SKCK KEPADA MASYARAKAT


 Surat Keterangan Catatan Kepolisian (disingkat SKCK), sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (disingkat SKKB) adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Dahulu, sewaktu bernama SKKB, surat ini hanya dapat diberikan yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut.


Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh POLRI melalui fungsi Intelkam kepada seseorang pemohon/warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut. (Vide Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014)


Dalam hal ini, Personel Polsek Palaran unit intelkam memberikan pelayanan dengan menyampaikan mekanisme tentang pembuatan SKCK berbasis online.


Pemohon diminta untuk mengisi form pada website https://skck.polri.go.id/, Sama seperti pengajuan secara offline, pemohon juga perlu menyiapkan sejumlah dokumen".


Selanjutnya, silahkan masuk ke laman resmi pendaftaran SKCK online lalu Klik menu di pojok kanan atas dan pilih formulir pendaftaran Isi formulir tentang jenis keperluan, satwil, identitas pribadi, informasi keluarga, riwayat pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, dan keterangan lainnya.tambahnya


Untuk kolom “Jenis Keperluan” pada bagian Satwil, isilah alasan Anda mengajukan pembuatan SKCK. Kolom ini akan menentukan tempat di mana SKCK akan dibuat yakni Mabes Polri, Polda, Polres atau Polsek. Unggah foto sesuai ketentuan.


Selanjutnya berkas kelengkapan pengurusan di serahkan ke petugas untuk diperiksa, setelah selesai SKCK akan di cetak dan di serahkan kepada pemohon.


Dalam hal pembuatan pemohon di kenakan biaya sebesar Rp.30.000 sesuai dengan PP no 76 Tahun 2020 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).


Dokumen yang perlu disiapkan untuk mengajukan pembuatan SKCK secara online  antara lain:

Persyaratan SCKC BARU

1. Foto Copy KTP dengan menunjukan KTP

2. Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

3. Foto Copy Akte Lahir/Kenal Lahir

4. Pas Foto Ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh. Keseluruhan di masukkan ke dalam stof map warna merah 

5. Membayar PNBP Rp. 30.000,- sesuai PP NO. 76 TAHUN 2020.


Untuk persyaratan Perpanjangan SKCK antara lain:

1. Foto Copy KTP

2. Membawa SKCK Lama yang asli (maximal 1 tahun)

3. Foto Copy KK

4. Pas Foto Ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

5. Membayar PNBP Rp. 30.000,- sesuai PP NO. 76 TAHUN 2020.

Tidak ada komentar:

POLRI SUPER APP