Rabu, 26 Oktober 2022

SAMBANGI WARGANYA, BHABINKAMTIBMAS SAMPAIKAN HIMBAUAN TENTANG PENGUNAAN OBAT SIRUP


 Bhabinkamtibmas Kelurahan Bukuan Aipda Saing menyambangi warganya dan menyampaikan himbauan tentang penggunaan obat sirup yang mengandung dietelen glikol dan etilen glikol kepada anak-anak. Rabu (26/10/22)


Seperti yang sudah di jelaskan oleh Dinkes jika obat sirup yang mengandung EG dan DEG dapat memicu terjadinya gagal ginjal akut.


Untuk itu Aipda Saing menjelaskan kepada warganya jika gagal Ginjal Akut diketahui menyerang anak dengan di rentang usia 6 bulan-18 tahun, paling banyak terjadi pada balita. Dengan gejala awalnya berupa infeksi saluran cerna dan gejala ISPA, gejala khas adalah jumlah air seni yang semakin berkurang bahkan tidak bisa BAK(Buang Air Kecil) sama sekali. Pada kondisi seperti sudah fase lanjut dan harus segera dibawa ke Faskes seperti RS atau Puskesmas.


Untuk itu Aipda Saing menyarankan bagi orang tua yang memiliki gejala seperti diatas terutama pada rentang usia tersebut, diminta lebih waspada dengan aktif melakukan pemantauan tanda bahaya umum serta pemantauan jumlah dan warna urin (pekat atau kecoklatan) di rumah, pastikan anak mendapatkan cairan yang cukup dengan minum air.


“Bila anak mengalami gejala dan tanda disertai dengan volume urine berkurang segera bawa anak anda ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” saran Saing

Tidak ada komentar:

KAPOLRESTA SAMARINDA BESERTA STAF DAN BHAYANGKARI MENGUCAPKAN DIRGAHAYU KORPS POLAIRUD

Polairud Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat