Jumat, 02 September 2022

AKSI UNJUK RASA OLEH MAHASISWA CIPAYUNG PLUS KALIMANTAN TIMUR TERKAIT DENGAN RENCANA KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINTAK (BBM)

 Jumat, tanggal 02 September 2022 pukul 16.00 wita bertempat di depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur Jl. Gajah Mada Kel. Jawa Kec. Samarinda Ulu Kota Samarinda,telah dilaksanakan kegiatan Aksi unjuk rasa oleh Mahasiswa Cipayung Plus Kalimantan Timur Terkait dengan adanya rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). 


Kapolsek Samarinda Ulu Kompol H. Kustiana, SH., M.Si., memerintahkan Personil Polsek Samarinda Ulu yang terlibat Sprin Kapolresta Samarinda agar melaksanakan Pengamanan di depan Kantor Gubernur Kalimantan Timur Jl. Gajah Mada Kel. Jawa Kec. Samarinda Ulu Kota Samarinda dengan penuh rasa tanggungjawab sampai giat selesai.


Adapun Korlap : Muhammad Idiil ( 083141019703) Jumlah massa sekitar ± 40 orang dengan Alat Peraga yang di bawa antara lain : Pengeras Suara/Toak, Spanduk, Selebaran dan Bendera. Peserta Aksi : GMNI, HMI, IMM, GMKI dan KAMMI. 


Adapun titik kumpul peserta aksi di Taman Smarenda Jalan Bahyangkara selanjutnya peserta aksi unjuk rasa  menuju tempat aksi berunjuk rasa di depan Kantor Gubernur Kaltim Jl. Gajah Mada Kel. Jawa Kec. Samarinda Ulu pada pukul 16.10 Wita dan langsung melakukan orasi secara bergantian dan membentangkan spanduk yang bertuliskan :

1. Kaltim Tolak kenaikan harga BBM

2. Naik lebih cepat menjerit lebih kuat

3. Berantas mafia tambang dan migas

4. Meminta pemerintah revisi tarif dasar listrik


Adapun Isi Orasi massa ; Menolak Rencana Pemerintah untuk menaikkan harga BBM karena akan mengorbankan kondisi ekonomi rakyat,terutama masyarakat kelas menengah kebawah dan pelaku usaha mikro kecil menengah,sebentar lagi pemerintah akan menetapkan harga BBM Pertalit dan solar bersubsidi  atau bahasa afimatifnya adalh penyesuaian subsidi BBM, dalilnya APBN tidak lagi mampu memberikan konpensasi terhadap beberapa Jenis BBM dan harga Minyak Global sedang melambung di atas harga yang di tetapkan dalam Perpres 98/2022  padahal Pepres baru di perbaharui pada bln juni 2022 lalu,sebenarnya apa yang terjdi di Negri ini,mengapa masyarakat sedang belajar untuk menyesuaikan perekonomian hidup pasca Pandemi Covid 19, Negara malah terkesan tidak serius dalam merumuskan bahkan menjalankan suatu kebijakan yang mereka tetapkan secara Nasional.


Dampak sosial ekonomi dati permaslahan adalah angka kemiskinan baru akan bertamba di karenakan secara otomatis daya beli Masyarakat akan berkurang karna biaya produksi barang barang akan melambung lagi lagi Masyarakat miskin yang lebih banyak menerima dampak Negatifnya sanagat tidak adil karna ketila subsidi berlaku,data menunjukan bawa penikmat dafi anggaran subsidi adalah mayoritas masyarakat mampu atau orang kaya.


*Adapun Tuntutan Massa aksi antara lain;*

1. Tolak Kenaikan BBM.

2. Mendorong Payung Hukum yang jelas terhadap penggunaan BBM brsubsidi.

3. Mengebaluasi peran BPH migas yang  bertugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penyedian dan pendistribusian BBM.

4. Mendesak Presiden RI dan Gubernur Kaltim untuk memberantas pemburu rente BBM bersubsidi.

5. Mendesak Pemerintah RI berdaulat dan mengambil sikap untuk membeli BBM dati produsen minyak termurah untuk meringankan APBN.

6. Menjaga stabilitas harga baham pokok.

Pukul 18.00 wita, masa aksi melakukan perusakan pagar utama kantor gubernur dan memaksa masuk ke dalam halaman gedung. 


Pukul 18.15 wita, Kapolresta Samarinda beserta Dandim dan kepala satpol PP kantor gubernur menemui masa aksi melakukan negosiasi terkait apa yg diinginkan massa dan atas izin pihak kantor gubernur masa diperbolehkan masuk ke halaman kantor gubernur untuk membacakan rilis atau tuntutan pengunjuk rasa.

 

Kapolsek Samarinda Ulu Kompol H. Kustiana, SH., M.Si., mengatakan Pada pukul 18.30 Wita Aksi unjuk rasa oleh Cipayung Plus Kalimantan Timur, Terkait dengan rencana kenaikan harga bahan bakar minyak BBM membubarkan diri dan situasi dalam keadaan aman dan terkendali, Pungkasnya. 


*HUMAS POLSEK SAMARINDA ULU*

Tidak ada komentar:

CEGAH AKSI PUNGLI, BHABINKAMTIBMAS RAWAMAKMUR BERIKAN EDUKASI WARGANYA

Bhabinkamtibmas Kelurahan Rawamakmur Bripka Firmansyah terus edukasikan Cegah Pungli kepada warga binaanya untuk mencegah adanya aksi pungut...