Rabu, 10 Agustus 2022

POLSEK KAWASAN PELABUHAN SAMARINDA TERIMA PENYULUHAN HUKUM TENTANG KODE ETIK POLRI


Rabu (10/08/2022) pukul 08.30 wita Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda kedatangan dari Seksi Hukum Polresta Samarinda yang mengadakan sosialisasi dan penyuluhan hukum terkait Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Kode Etik Profesi Polri dan Komisi Kode Etik Polri.


Kegiatan Sosialisasi bertempat di Mako Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda dan diikuti para PJU serta anggota dijajaran Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda.


Adapun materi sosialisasi dan penyuluhan hukum terkait Perpol Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Kode Etik Profesi Polri dan Komisi Kode Etik Polri yang disampaikan diantaranya :


1. Hukuman demosi dan permintaan maaf selain itu bisa diajukan Peninjauan Kembali (PK) dan yg bisa mengajukan PK hanya Kapolri dalam kurun waktu kedaluarsa selama 3 tahun setelah vonis sidang kode etik. 


2. Perihal Patsus (Penempatan Khusus) seseorang pelanggar kode etik sebelum adanya putusan sidang kode etik bisa ditempatkan di patsus selama 30 hari. 


3. Adanya penambahan yang mengatur tentang etika kelembagaan, etika perorangan, dan etika kepribadian yang terdiri dari kewajiban dan larangan bagi anggota Polri


Dalam pembahasannya, Seksi Hukum Polresta Samarinda menyampaikan bahwa sosialisasi Perpol Nomor 7 Tahun 2022 ini dilaksanakan untuk memberikan gambaran kepada personil dalam rangka pembinaan etika tentang pengertian kode etik dan proses penegakan kode etik serta faktor faktor yang mempengaruhi terjadinya pelanggaran kode etik yang bertujuan agar personel memahami proses penegakan kode etik serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggaran kode etik guna menimbulkan kesadaran personil sebagai upaya untuk mengurangi dan mencegah terjadinya pelanggaran kode etik.

Tidak ada komentar:

Rumahnya Hancur Akibat Gempa Cianjur, Polwan Bhabinkamtibmas Ini Tetap Jalani Tugas Layani Masyarakat

Gempa bumi yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat menimbulkan kerusakan ribuan rumah warga. Tak hanya rumah warga, rumah beberapa angg...