Sabtu, 27 Agustus 2022

KAPOLSEK SUNGAI PINANG HADIRI PEMBUKAAN LOMBA TRADISIONAL SUMPIT SE-KALTIM, SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN TERHADAP PELESTARIAN BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL



 Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. menghadiri pembukaan lomba tradisional khas suku Dayak sumpit yang diselenggarakan di halaman Lamin Adat Pemung Pawai Desa Budaya Pampang, Kelurahan Pampang Kecamatan Samarinda Utara, Sabtu (27/08).


Lomba sumpit se-Kaltim tersebut mengusung tema "Lestarikan Budaya Leluhur, Jangan Sampai Punah, Siapa Lagi Kalau Bukan Kita", yang diselenggarakan oleh Panitia HUT Kemerdekaan RI Ke 77 Desa Budaya Pampang beserta Enggang Borneo Kaltim dan Lembaga Adat Desa Budaya Pampang dengan memperebutkan piala Kepala Adat Desa Budaya Pampang.


Dalam pembukaan lomba sumpit se-Kaltim tersebut dihadiri pula oleh Camat Samarinda Utara, Syamsu Alam, SP, Lurah Budaya Pampang Sofiandi, S.Sos, Kepala Adat Desa Budaya Pampang Esrom Palan beserta para tokoh adat daj masyarakat Dayak serta Ketua Portina (Pelestarian Olahraga Tradisional Indonesia) Kota Samarinda Sumarlani.


Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. mengatakan pihaknya sangat mendukung diadakannya lomba tradisional sumpit yang diselenggarakan pada hari ini dan esok, menurutnya lomba tradisional sumpit yang merupakan jati diri dan budaya leluhur suku Dayak wajib dilestarikan.


"Kami mendukung terselenggaranya kegiatan lomba sumpit se-Kaltim yang diselenggarakan di Desa Budaya Pampang, karena selain bertujuan menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI Ke 77, lomba ini adalah bentuk upaya melestarikan Budaya, serta ajang silaturahmi khususnya warga Dayak se-Kaltim, karena dalam lomba ini diikuti peserta dari beberapa Kota di luar Samarinda." Ungkap Kapolsek.


"Semoga lomba sumpit se-Kaltim dapat berlangsung dengan aman dan kondusif, sehingga budaya dan kearifan lokal ini dapat tetap lestari hingga dikenal dunia," Pungkas AKP Noor Dhianto, S.H.

Tidak ada komentar:

PELAKU PENCURIAN RUMAH KOSONG DI RINGKUS OPSNAL POLSEK SAMARINDA KOTA

  Tim Opsnal "Marabunta" Polsek Samarinda Kota kembali mengungkap perkara tindak pidana Pencurian dengan pemberatan sebagaimana di...