Rabu, 31 Agustus 2022

GAUNGKAN PROGRAM UNGGULAN POLSEK SUNGAI PINANG NGOBRAS MAS LINANG, KAPOLSEK JADI NARASUMBER DALAM SIARAN RRI PRO 1 SAMARINDA

Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. tampil menjadi narasumber  on air di RRI Pro 1 Samarinda dalam program kentongan bersama rekan siar Fadel Sigalingging dan Dedi Purnama, Selasa (30/08).


Dalam edisi kentongan kali ini rekan siar Fadel mengajak para pendengar untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban agar stabilitas kamtibmas dapat terkendali. Demikian pula di Benua Etam Kalimantan Timur pada umumnya dan Kota Samarinda pada khususnya.


Melalui upaya menciptakan stabilitas kamtibmas yang kini digaungkan oleh Polsek Sungai Pinang dibawah kepemimpinan AKP Noor Dhianto, S.H. selaku Kapolsek Sungai Pinang, dengan program andalannya Ngobras Mas Linang (Ngobrol Bareng  Kamtibmas, Masyarakat Dan Polsek Sungai Pinang).


Sebagai narasumber AKP Noor Dhianto, S.H. mengulas secara rinci apa itu Program Ngobras Mas Linang, yang turut didengarkan oleh para pendengar radio RRI Pro 1 Samarinda dan disiarkan secara live melalui jejaring sosial Facebook RRI Pro 1 Samarinda.


Kapolsek mengatakan program ini merupakan wujud peningkatan dalam pelayanan masyarakat agar kami dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat, artinya program Ngobras Mas Linang ini adalah program dimana masyarakat dapat mengobrol secara langsung bersama petugas Kepolisian terkait dengan masalah kamtibmas, nama atau singkatan Program  ini pun sengaja dibuat agar lebih familiar ditelinga masyarakat.


"Bagi kami selaku aparat Kepolisian mengungkap kejahatan adalah suatu kebanggaan, tapi mencegah warga masyarakat agar tidak menjadi korban kejahatan merupakan suatu kemuliaan, artinya kalau kita bisa mencegah mengapa harus menjadi korban" Ujar AKP Noor Dhianto, S.H.


Melalui Program Ngobras Mas Linang inilah pendekatan langsung kepada masyarakat dilakukan, dengan tujuan menumbuh kembangkan pemolisian masyarakat, warga diajak untuk menyadari potensi-potensi yang dapat membuka kesempatan pelaku kejahatan, sehingga masyarakat dapat mencegahnya..


Kapolsek menambahkan Program Ngobras Mas Linang sampai dengan ini sudah empat kali dilaksanakan dengan melibatkan berbagai stake holder untuk menyampaikan berbagai informasi penting bagi warga masyarakat, seperti halnya tentang bahaya konseting listrik yang dapat mengakibatkan musibah kebakaran yang disampaikan oleh PLN, TRC PPA terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak, Sekata Foundation yang berpengalaman menangani rehabilitasi para pecandu narkoba.


Selanjutnya, dalam sesi tanya jawab bersama pendengar, Kapolsek membahas tentang FKPM dan POKDAR Kamtibmas untuk menjawab pertanyaan dari salah satu pendengar, Kapolsek mengatakan keduanya adalah mitra dari Kepolisian dengan kewenangan terbatas, selain sering dilibatkan dalam giat preemtif dan preventif Kepolisian, keduanya adalah bentuk himpunan masyarakat yang peduli terhadap stabilitas kamtibmas, mereka pun dilibatkan dalam Program Mas Linang sebagai perwakilan warga di masing-masing wilayah Kelurahan.


Kembali ke Program Ngobras Mas Linang Kapolsek menyatakan bahwa program ini akan terus dilaksanakan, dirinya telah memerintahkan ke 13 Bhabinkamtibmas  untuk menyusun jadwal agar program ini dapat terlaksana di setiap wilayah Kelurahan dibawah naungan Polsek Sungai Pinang.


"Kami berharap Program Ngobras Mas Linang ini akan selalu mendapatkan dukungan dari masyarakat, para stake holder, dan generasi muda kita, karena Kepolisian bukan hanya sebuah profesi tapi pengabdian kepada masyarakat, karena Program ini adalah upaya kami dalam berinteraksi, berkomunikasi secara langsung agar terjalin hubungan emosional demi harkamtibmas," Pungkas AKP Noor Dhianto, S.H.

Tidak ada komentar:

CEGAH AKSI PUNGLI, BHABINKAMTIBMAS RAWAMAKMUR BERIKAN EDUKASI WARGANYA

Bhabinkamtibmas Kelurahan Rawamakmur Bripka Firmansyah terus edukasikan Cegah Pungli kepada warga binaanya untuk mencegah adanya aksi pungut...