Selasa, 02 Agustus 2022

BHABINKAMTIBMAS KELURAHAN RAWAMAKMUR DAMPINGI KEMENTRIAN UNTUK MELAKUKAN VERIVIKASI PROGRAM KAMPUNG IKLIM


Program Kampung Iklim merupakan program berlingkup Nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.


Pada kegiatan Verivikasi selain Bhabinkamtibmas Kelurahan Rawamakmur Bripka Firmansyah yang mendampingi Ibu Erviani,S.Hut dari Dirjen Kementerian pengendali Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan wilayah Kalimantan juga di didampingi oleh Lurah Rawamakmur Bapak M.Yulian Mustofa,S.Pi,Ketua Proklim Kelurahan Rawamakmur Bapak Wiyono serta Bapak Agung prio utomo, S.Ip dari DLH(Dinas Lingkungan Hidup) Prof.Kaltim,Bapak Dwi joko, SE,Bapak Roni Alfiani, S.Hut dari DLH Kota Samarinda, Bapak Mu'tazam Kasi Lingkungan Kec.Palaran, Bapak Karisudin Ketua rumah Kompos Kec.Palaran, Bapak Ismail Bendahara rumah Kompos, Bapak Soleh Sekretaris rumah Kompos serta 6 orang Mahsiswa KKN Fakultas Widyagama.


Adapun yang menjadi objek Verivikasi pada program kampung iklim (Proklim) diantaranya RT 03, 10, 11, 19, 24, 27, 29, 35, 36 , 37, 39, 41, 42, 46, 48 di Kelurahan Rawa Makmur.


Yulian mengatakan Pelaksanaan Proklim mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 84 tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, di mana di dalamnya terkandung komponen utama, syarat pengusulan, penilaian dan kategori Proklim.

"Harapan kami Kelurahan Rawamakmur bisa ungul dalam Proklim ini" ujar Lurah Rawamakmur M.Yulian Mustofa,S.Pi


Penilaian juga dilakukan pada bank sampah yang berlokasi di jalan S.Parman Kelurahan Rawamakmur dan kemudian berlanjut mendatangi lokasi lainnya.


Lebih lanjut, Yulian mengatakan manfaat Program Kampung iklim diantaranya dapat meningkatnya ketahanan masyarakat dalam menghadapi variabilitas iklim dan dampak perubahan iklim serta meningkatnya kemampuan masyarakat di tingkat lokal untuk mengadopsi teknologi rendah karbon.

Tidak ada komentar:

SATUAN RESERSE NARKOBA MENGUNGKAP PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA JENIS SABU

   Dalam proses observasi ke lokasi-lokasi yang kerap dijadikan tempat transaksi Narkoba, Satresnarkoba Polresta Samarinda mendapatkan dua t...