Kamis, 28 Juli 2022

ATAS DEDIKASI DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN DAN KEMITRAAN KEPALA ADAT DESA BUDAYA PAMPANG DAULAT KAPOLSEK SUNGAI PINANG SEBAGAI WARGA KEHORMATAN, DENGAN GELAR “DUNGAU JALUNG”


Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. didaulat menjadi warga kehormatan Desa Adat Budaya Pampang dengan gelar “Dungau Jalung” yang diambil dari nama Tokoh Dayak Kenyah dimana dahulu beliau berjasa melindungi masyarakat serta mendamaikan pertikaian dan peperangan pada masa kejayaannya.


Gelar “Dungau Jalung” adalah nama kebesaran dan kehormatan yang diberikan langsung oleh Kepala Adat setempat Bapak Esrom Palan mewakili segenap warga Adat Desa Budaya Pampang melalui serangkaian prosesi Adat mulai dengan pemakaian baju kebesaran, kalung, topi khas Dayak serta penyerahan Mandau kepada Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. di Lamin Adat Pemung Pawai, disaksikan oleh para Pemuka Adat Desa Budaya Pampang, Lurah Budaya Pampang serta warga masyarakat, Kamis (28/07/2022).


Dalam sambutannya Kepala Adat Desa Budaya Pampang Bapak Esrom Palan mengungkapkan bahwa penetapan warga kehormatan dan pemberian nama kebesaran “Dungau Jalung” merupakan bentuk apresiasi dan rasa hormat seluruh warga Desa Budaya Pampang yang telah menganggap AKP Noor Dhianto, S.H. sebagai saudara dan bagian dari warga Desa Adat Budaya Pampang atas dedikasinya kepada segenap warga Pampang sebagai seorang Personel Polri dan Kapolsek.


“Kami segenap Warga Desa Adat Budaya Pampang melalui prosesi penetapan Bapak Kapolsek sebagai warga kehormatan, ingin bersama-sama Bapak dalam tugas untuk melindungi segenap warga kami yang ada disini, dan bersama-sama menjaga situasi di Desa Adat Budaya Pampang ini agar selalu dalam kedamaian, aman dan kondusif,” Ucap Bapak Esrom Palan.


“Tentunya setelah prosesi pemyerahan barang-barang Adat dan nama kebesaran, Bapak adalah bagian dari kami, warga kami dan saudara kami, kami pun akan turut mendukung tugas dari Bapak selaku petugas Kepolisian dalam menjaga Kamtibmas, karena kami pun NKRI harga mati,” Terangnya.


Disela-sela prosesi penetapan warga kehormatan dan pemberian gelar “Dungau Jalung” Kepada dirinya, Kapolsek Sungai Pinang mengungkapkan rasa terima kasih dan bangga, bahwasannya warga Desa Adat Budaya Pampang masih menaruh harapan, kepercayaan sebagai pribadi dan Kapolsek untuk menjaga warga serta stabilitas Kamtibmas di Desa Adat Budaya Pampang.


“Saya merasa senang dan bangga karena melalui penetapan ini saya merasa memiliki banyak saudara dan merasa dicintai oleh segenap warga Desa Budaya Pampang, semoga dengan terjalinnya tali silaturahmi, komunikasi yang baik sehingga terciptanya kemitraan yang kokoh, antara saya pribadi beserta keluarga dan keluarga besar Polsek Sungai Pinang, kita semua akan mampu menciptakan rasa aman, dan situasi yang selalu kondusif khususnya di Desa Adat Budaya Pampang yang sama-sama kita cintai dan kita banggakan ini,” Ungkap Kapolsek.


“Dan saya mengajak segenap warga Desa Adat Budaya Pampang untuk bersama melestarikan Adat Istiadat dan Budaya yang ada, agar kedepan dapat lebih dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan mendunia,” Harap AKP Noor Dhianto, S.H.

Tidak ada komentar:

KAPOLSEK SUNGAI PINANG HADIRI LAUNCHING SOCIAL SECURTY NUMBER DAN BERAMBAI FREE WIFI SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN POLRI TERHADAP PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH

 B Bertempat di halaman Masjid An Nur, Jalan Inpres (Berambai) Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara telah berlangsung giat lau...