Sabtu, 09 Juli 2022

ANTISIPASI PENULARAN PENYAKIT MULUT DAN KUKU, BHABINKAMTIBMAS KEL. SENGKOTEK SAMBANGI LOKASI PENJUAL HEWAN QURBAN

Dalam mengantisipasi penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan Sapi dan ternak lainnya, Polsek Samarinda Seberang rutin lakukan pengecekan kandang ternak penjualan hewan Qurban yang berletak di Jln. Cipto Mangunkusumo kelurahan Sengkotek kecamatan Loa Janan Ilir, Sabtu (09/07/2022).


Bhabinkamtibmas kelurahan Sengkotek, Aipda Soni lakukan pemantauan dan pengecekan tempat penjulan hewan ternak guna mengantisipasi penularan penyakit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dimana hewan ternak Qurban berasal dari luar Kota Samarinda.


Kehadiran anggota Kepolisian khususnya Polsek Samarinda Seberang ini mendapat Respon yang baik dan Positif dari warga.


Kapolsek Samarinda Seberang Kompol Anton Saman, SH, MM  mengatakan, “kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya wabah virus penyakit mulut dan kuku terhadap hewan ternak jelang Idul Adha 1443 H.”


“Anggota Kami juga menyampaikan kepada peternak untuk selalu waspada dan selalu mengecek terus kondisi hewan ternak dan kandang sapi,” Kata Kapolsek.


Aipda Soni menuturkan, “selain pengecekan hewan ternak kami juga memberikan himbauan kepada pemilik ternak, untuk selalu menjaga kebersihan tempat kandangnya.”


“Dari hasil pengecekan tidak ditemukan sapi yang terjangkit Penyakit Mulut dan kuku (PMK),”tandasnya.


Lebih lanjut beliau mengatakan, “apabila pemilik kandang mendapati hewan ternaknya mengalami kejanggalan atau tanda-tanda mempunyai penyakit agar segera melapor”.


“Bila ada tanda-tanda awal penyakit atau gejala segera melapor, ke Dokter Hewan atau Dinas Peternakan, jangan sampai terjadi hal yang tidak kita inginkan dan apalagi di tutup-tutupi demi memperoleh keuntungan semata,” tutup Kapolsek.

Tidak ada komentar:

SATUAN RESERSE NARKOBA MENGUNGKAP PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOBA JENIS SABU

   Dalam proses observasi ke lokasi-lokasi yang kerap dijadikan tempat transaksi Narkoba, Satresnarkoba Polresta Samarinda mendapatkan dua t...