Jumat, 27 Mei 2022

MONITORING PERKEMBANGAN PMK PADA HEWAN TERNAK, KAPOLSEK SUNGAI PINANG TINJAU PENAMPUNGAN HEWAN DI KAWASAN SEMPAJA UTARA

Polsek Sungai Pinang - Menyikapi perkembangan penyakit pada hewan ternak yakni penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa wilayah di Indonesia.


Kapolsek Sungai Pinang didampingi Kanit Binmas Polsek Sungai Pinang Ipda Gatot Boedi S. dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sempaja Utara Bripka Lamaihar Sinaga melakukan peninjauan di penampungan hewan ternak milik warga di Jalan Betapus RT. 14 Kelurahan Sempaja Utara, Kecamatan Samarinda Utara, Jumat (27/05/2022).


Peninjauan ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan dampak terkini PMK khususnya di wilayah Polsek Sungai Pinang, yang mana jika ditemukan indikasi, Polsek Sungai Pinang dapat berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Dan Peternakan Kota Samarinda untuk segera dilakukan karantina.


Kapolsek Sungai Pinang AKP Noor Dhianto, S.H. langsung menemui pemilik penampung hewan ternak H. Munadi dan Zainal Abidin melakukan dialog untuk mendapatkan informasi terkini ada tidaknya PMK di wilayah Polsek Sungai Pinang, “Jika ada segera kami koordinasikan bersama instansi terkait yakni dinas Pertanian dan Peternakan Kota Samarinda, mencegah dari pada penyebarannya yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan bahkan menulari masyarakat sekitar nantinya,” Imbuh Kapolsek.


Sementara dilain pihak Zainal Abidin selaku pemilik dan pengelola tempat penampungan hewan ternak mengatakan hewan ternaknya berasal dari Sapi ras Bali asal Kupang yang masuk di tempat penampungan miliknya pada 20 Mei 2022, dan kesemuanya dalam keadaan sehat, tidak ada indikasi tertular penyakit PMK (penyakit mulut dan kuku).


“Masuk pada tanggal 20 Mei 2022 sebanyak 100 ekor, dan saat ini tersisa 24 ekor yang belum terjual, untuk kondisi ternak tidak ada yang terindikasi tertular PMK semuanya dalam kondisi sehat,” Ujar Zainal.


Dalam peninjauan langsung tersebut Kapolsek mengimbau kepada para pemilik penampungan ternak yang akan dijual kembali kepada masyarakat untuk dapat bekerjasama bersama Polsek Sungai Pinang.


Kapolsek menambahkan “Jika nantinya terdapat hewan yang terindikasi PMK kami harap pemilik dan pengelola memberikan informasi kepada kami  agar kami pun dapat mengambil langkah antisipasi tentunya dengan bersinergi bersama instansi terkait yakni Dinas Pertanian dan Peternakan, langkah tersebut dilakukan untuk melindungi masyarakat yang notabenenya adalah konsumen mengingat sebentar lagi kita akan menjelang perayaan hari raya Idul Adha atau hari raya kurban,” Tegas AKP Noor Dhianto, S.H.

Tidak ada komentar:

SALURKAN BANTUAN SEMBAKO DARI PRESIDEN RI, BHABINKAMTIBMAS TELUK LERONG ULU LAKSANAKAN DOR TO DOR

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Kunjang, Polresta Samarinda, Polda Kaltim, menyalurkan paket sembako bantuan langsung dari Presiden Joko Widod...