Kamis, 26 Mei 2022

KUNJUNGAN KERJA KAPOLRESTA SAMARINDA KE PELABUHAN TERMINAL PETI KEMAS DI PALARAN

 


Palaran– Kapolresta Samarinda Kombes pol Ary Fadli,S.I.K,MH,MSi beserta jajarannya dengan di dampingi Kapolsek Palaran AKP Tri Satria Firdaus,S.I.K melaksanakan kunjungan kerja ke Terminal Peti Kemas (TPK) Palaran yang terletak di jalan D.Ponegoro RT 18 Kelurahan Bukuan Kecamatan Palaran. Rabu(25/05/2022)

Pada kunker tersebut Kapolresta di sambut langsung oleh Dirut PT.PSP(Pelabuhan Samudera Palaran) Bapak Harun Gemilang bersama manager umum PT.PSP Bapak Nasir Amir beserta staf dan langsung menuju ruang seketariat untuk melakukan koordinasi berkaitan dengan K3 di Pelabuhan TPK Palaran.

Pada kesempatan tersebut, Dirut PT PSP melalui stafnya menjelaskan mekanisme kerja di TPK Palaran termasuk sistem bongkar muat kontainer di dermaga hingga pengiriman di depo-depo yang ada di sekitarnya.

Faradilah staf PT.PSP juga menyampaikan dalam operasionalnya selalu mengutamakan keselamatan kerja baik dengan melengkapi diri mengunakan APD serta pantauan CCTV di seluruh area pelabuhan. Selain itu PT.PSP juga menerapkan kebijakan selalu berkomitmen penuh mejalankan sistem ataupun mutu standar internasional (ISO) 9001:2021 dan Sitem K3 (SMK3) Standar Internasional (ISO) 45001: 2022 serta menjalankan CSR(corporate social responsibility) terhadap lingkungan di kecamatan Palaran khususnya Kelurahan Bukuan.

Dalam paparannya pihak PT PSP juga memutarkan Video dokumentasi kegiatan TPK palaran baik mulai dari dermaga Bongkar Muat hingga lokasi Depo peti kemas yang berada di kawasan TPK Palaran yang sesuai Standar Ops (Security Safety Fist) dalam menjaga K3 di Pelabuhan TPK Palaran-Samarinda.

Pada kesempatan yang diberikan, Kapolresta Samarinda di Ruang rapat PT. PSP mengucapkan Terima kasih kepada semua Jajaran PT. PSP yang telah menyambut dengan baik atas kunjungannya di PT. PSP sebagai wilayah kerja Polresta Samarinda serta mempererat tali silaturahmi antara Polri dengan stakeholder yang ada.

Disela-sela kunker tersebut, Kapolresta Samarinda juga meninjau secara langsung sistem operasional pelaksanaan kegiatan di TPK Palaran.

Kapolresta Samarinda juga meminta kepada semua pihak untuk saling koordinasi kedepannya dan saling menjaga kondusifitas lingkungan yang mana TPK Palaran merupakan Pelabuhan Utama bersekala Nasional di Samarinda.

Kapolresta juga menambahkan jika kegiatan tersebut termasuk UMKM dan Ekspor Impor di Kota Samarinda, sehingga apa yang menjadi Atensi bersama untuk kegiatan dapat berjalan dengan lancar karena kita akan menyambut Ibu Kota Negara (IKN) sehingga apabila ada kendala sesegara mungkin dapat berkoordinasi langsung baik ke Jajaran Polsek ataupun Polresta Samarinda agar segara dapat diatasi.

kehadiran Unit Patroli Beat 110 juga dapat membantu dengan Cepat untuk menuju ke TKP, mengingat saat ini Unit Patroli Beat sudah terkoneksi Aplikasi Digitalisasi jadi lebih mudah dan cepat untuk kegiatan K-3 nantinya. Selain itu juga saling koordinasikan dengan Unit Lantas karena banyak laporan masyarakat bahwa Mobilitas Kendaraan Kontainer yang terparkir memakan bahu Jalan Raya yang mengganggu lalulintas umum dan rawan terjadi kecelakaan, mengingat saat ini puncak Kendaraan yang cukup meningkat, sehingga dibutuhkan kerja sama semua intansi terkait khusunya Mobilitas dari Pelabuhan TPK Palaran yang mengakut Logistik menggunakan kendaraan Berat sehingga bisa meminimalisir kejadian kecelakaan di Jalan raya dan lalu lintas bisa semakin lancar.

Sebelum berpamitan, Kapolresta Samarinda juga memberikan cinderamata berupa plakat Polresta Samarinda sebagai kenang-kenangan kunjungan kerjanya.

Tidak ada komentar:

Dihadapan Presiden Jokowi, Kapolri Ungkap Makna Dibalik Tema HUT Bhayangkara ke-76

  Semarang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya siap untuk terus mengawal seluruh kebijakan dari Pemerintah dal...