Sabtu, 07 Mei 2022

ARUS BALIK POLSEK SUNGAI PINANG BERSAMA PETUGAS KKP BANDARA LAKSANAKAN SCREENING KESEHATAN DI AREAL BANDARA APT PRANOTO


Polsek Sungai Pinang - Hepatitis Akut menjadi ancaman baru selain Covid-19. Warga diminta waspada dan mejaga kesehatan dan taat pada protokol kesehatan (prokes) terlebih dimasa arus balik libur Idulfitri saat ini.


Untul memastikan para penumpang bandara APT Pranoto, Sungai Siring baik yang berangkat maupun datang terbebas dari kedua penyakit tersebut. Petugas KKP bandara bersama Polsekta Sungai Pinang yang bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan secara random kepada penumpang, Sabtu (07/05/2022).


Kegiatan ini merujuk pada Surat Edaran (SE) KEMENKES RI No: HK.02.02/C/2515/2022 Tgl 27 April 2022 tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut dan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 pasca libur bersama IdulFitri 1443 H serta TR Kapolda Kaltim No: STR/260/V/OPS.2/2022 tentang langkah/upaya kewaspadaan yang dilakukan dalam mengantisipasi kasus hepatitis akut dan penyebaran Covid'19 pasca libur bersama hari raya IdulFitri 1443 H.


“Hepatitis Akut menjadi salah satu penyakit yang juga harus diwasapadai. Oleh karenanya kami melakukan pemeriksam kesejumlah penumpang yang ada di embarkasi,” kata Kapolsek Sungai Pinang, AKP Noor Dhianto, S.H.


Petugas mendatangi satu persatu penumpang lalu melaukan Screening dan Testing kepada penumpang yang tiba di lokasi Pos Cek Point pada Terminal Kedatangan


Pemeriksaan hepatitis akud dan Covid-19 dilakukan berdasar tampilan Scan monitoring Suhu Tubuh pada layar monitor yang terpasang maupun Scan Suhu Tubuh Portable. Sasaran utama adalah anak usia 1 hingga 16 tahun. Sementara petugas juga memeriksa penumpang dewasa untuk memastikan terbebas dari virus korona.


Jika ditemukan indikasi Suspect sesuai gejala dan diagnosa awal. Pihak KKP Bandara Polsekta Sungai Pinang akan  berkoordinasi dengan Dinkes Kota Samarinda/Provinsi untuk penanganan selanjutnya (Tes Lab) 


“Alhamdulillah. Hasil pemeriksaan tidak ditemukan indikasi kedua penyakit ini pada penumpang yang datang,” Ungkap AKP Noor Dhianto, S.H.


Meski pada pemeriksaan kali ini pihaknya tidak menemukan indikasi kedua penyakit tersebut. KKP Bandara dan Polsek Sungai Pinang akan tetap melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para penumpang hingga situasi benar benar aman.

Tidak ada komentar:

CIPTA KONDISI POLSEK SUNGAI PINANG, SASAR PUSAT KERAMAIAN AJAK PENGELOLA DAN PENGUNJUNG TETAP TAATI PROKES

  Polsek Sungai Pinang - Puluhan Personel Polsek Sungai Pinang bersama Relawan Pokdar Kamtibmas Sungai Pinang, melaksanakan giat rutin yakni...