Senin, 04 April 2022

SAMBANG PASAR TRADISIONAL BHABINKAMTIBMAS SUPIDA TINJAU HARGA BAHAN KEBUTUHAN POKOK DI AWAL RAMADHAN

Polsek Sungai Pinang - Diawal Ramadhan ketersediaan dan kenaikan harga barang kebutuhan pokok terus menjadi prioritas peninjauan para Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Pinang di Pasar-pasar Tradisional.


Salah satunya Pasar Merdeka yang terletak di jalan Merdeka Kelurahan Supida (Sungai Pinang Dalam) Kecamatan Sungai Pinang.


Bersama Staf Dinas Pasar Bhabinkamtibmas Kelurahan Supida, Aipda Subaji melaksanakan sambang guna meninjau dan memantau ketersediaan dan ada tidaknya kenaikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Pasar Tradisional yang masuk di dalam wilayah yang dibina olehnya, Senin (04/04/2022).


Sesampainya di pasar Aipda Subaji yang didampingi staf dinas pasar setempat menanyai para pedagang yang umumnya menjual bahan kebutuhan pokok, didapati terjadi beberapa kenaikan bahan kebutuhan pokok diawal bulan Ramadhan, seperti halnya gula pasir yang semula berkisar Rp. 12.000,- (dua belas ribu rupiah), sekarang menjadi Rp. 16.000,- (enam belas ribu rupiah), selebihnya beras, telur, cabai juga terjadi kenaikan namun tidak signifikan. 


Dalam peninjauan dan pemantauan tersebut yang menjadi sangat menjadi perhatian dari Aipda Subaji adalah kenaikan harga minya goreng kemasan yang dijual oleh beberapa pedagang yang saat ini berkisar Rp. 58.000,- (lima puluh delapan ribu rupiah) per 2 liter, sedangkan untuk minyak kemasan ukuran 1 liter sangat jarang ditemui di pasaran namun, untuk ketersediaan minyak goreng kemasan relatif dapat dibilang aman.


Aipda Subaji mengatakan kenaikan harga minyak goreng kemasan dikarenakan meningkatnya aktivitas warga dalam memasak di Bulan Suci Ramadhan, sedangkan sebagian warga lebih memilih membeli minyak goreng kemasan yang ketersediaannya melimpah tanpa harus bersusah payah membeli minyak goreng curah.


“Keterangan dari beberapa responden yang ditemui yakni warga pengunjung pasar, bagi warga yang memang dikatakan mampu lebih memilih membeli minyak goreng kemasan dari pada mencari minyak goreng curah bersubsidi dari pemerintah, yang mana saat ini minyak curah didistribusikan langsung kepada warga di masing-masing Kelurahan dan RT,” Ucapnya.


“Yang pasti semua bahan kebutuhan pokok khususnya yang beredar di Pasar Merdeka ketersediaannya relatif aman, meski beberapa mengalami kenaikan hal tersebut lumrah ditengah Bulan Ramadhan, akibat kenaikan permintaan dari konsumen (warga). Selanjutnya hasil dari peninjauan dan pemantauan akan kami laporkan kepada dinas pasar dan Kelurahan Supida agar dapat diinformasikan kepada warga masyarakat di wilayah Kelurahan Sungai Pinang Dalam. Diharapkan warga mendapatkan informasi yang valid tentang ketersediaan sembako serta ada tidaknya kenaikan harga, mencegah terjadinya kepanikan dan kecemasan warga,” Singkat Aipda Subaji.

Tidak ada komentar:

UTAMAKAN KESELAMATAN, BHABINKAMTIBMAS LEMPAKE SAMPAIKAN PESAN PADA WARGANYA DISELA-SELA AKTIVITASNYA SEBAGAI BENTUK PENGAYOMAN POLRI

Bhabinkamtibmas Lempake Aiptu Winarto menyambangi warganya disela-sela aktivitasnya di Jalan Kebon Agung RT. 46 Kelurahan Lempake, Kecamatan...