Rabu, 02 Maret 2022

POLSEK SUNGAI PINANG BERIKAN PENGAMANAN DI PURA JAGAT HITA KARANA DALAM RANGKA RANGKAIAN IBADAH UMAT HINDU KOTA SAMARINDA, MENYAMBUT HARI RAYA NYEPI TAHUN SAKA 1944


Polsek Sungai Pinang - Hari Kamis esok Umat Hindu Kota Samarinda akan merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944, namun Ibadah dalam rangka menyambut Hari Raya bagi Umat Hindu tersebut telah digelar sejak hari ini, Rabu (02/03/2022).


Ibadah Umat Hindu Kota Samarinda terpusat di Pura Jagat Hita Karana yang terletak di Jalan Sentosa Kelurahan Supida Kecamatan Sungai Pinang, dimana untuk memastikan jalannya ibadah menyambut Hari Raya Nyepi berlangsung aman dan kondusif, Personel Polsek Sungai Pinang disiagakan di tempat Ibadah tersebut.


Ibadah di Pura Jagat Hita Karana dipimpin oleh JRO Gde Anom Putra, dan JRO Mangku Made Sutarman, dan diikuti sebanyak 75 orang Umat Hindu sebagai pengaplikasian 30% penerapan prokes, kehadiran Umat. 


Bapak Ida Bagus Miyasa selaku Ketua Pelaksanaan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944/2022 M mengatakan Pada hari ini Umat Hindu Kota Samarinda melaksanakan Upacara Melasti (mensucikan darana dan prasarana upacara) dan Upacara Tawur Agung Kesanga, dilanjutkan pada esok hari dengan Ibadah Amati Geni (tidak berapi-api atau mengumbar amarah), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak berpergian) dan Amati Lelangunan (tidak mengumbar hawa nafsu). Dan nantinya pada hari jumat (04/03/2022) Ibadah dilanjutkan kembali di Pura Jagat Hita Karana yakni Ibadah Ngembak Geni.


“Perlu diketahui rangkaian Ibadah Perayaan Hari Nyepi Tahun 1944/2022 M, diselenggarakan mulai tanggal 2 hingga 4 Maret 2022 yang akan dilaksanakan oleh Umat Hindu Kota Samarinda,” Ujar Bapak Ida Bagus Miyasa.


“Dan kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran Personel Kepolisian dari Polsek Sungai Pinang yang turut mengamankan rangkaian Ibadah menyambut Hari Raya Nyepi di Pura Jagat Hita Karana,” Terangnya.


Terpisah, Kapolsek Sungai Pinang Kompol Irwanto, S.Si, S.I.K., M.I.K., mengatakan jajaran Polsek Sungai Pinang, pastinya akan mengamankan jalannya perayaaan hari-hari besar keagamaan di wilayah hukumnya, sebagaimana Umat Hindu Kota Samarinda yang akan melaksanakan Ibadah menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1944 di Pura Jagat Hita Karana yang akan digelar mulai tanggal 2 hingga 4 Maret 2022.


 “Selain dari Pura Jagat Hita Karana yang terletak di wilayah hukum Polsek Sungai Pinang, pengamanan diberikan untuk menjamin kemananan kepada para pemeluk agama di Kota Samarinda untuk menjalankan Ibadah tanpa adanya gangguan dan kecemasan, dan pengamanan yang diberikan sebagai wujud bahwasannya Polri menjunjung tinggi nilai nilai Toleransi dimana di negara kita para pemeluk agama diberi kebebasan dalam menjalankan syariat agamanya masing-masing, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat saat ini kita masih berada dalam suasana pandemi Covid-19.” Pungkas Kompol Irwanto.

Tidak ada komentar:

Dihadapan Presiden Jokowi, Kapolri Ungkap Makna Dibalik Tema HUT Bhayangkara ke-76

  Semarang - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan bahwa pihaknya siap untuk terus mengawal seluruh kebijakan dari Pemerintah dal...