Senin, 21 Maret 2022

KAPOLSEK SUNGAI PINANG BERSINERGI BERSAMA TIM BALAI WILAYAH SUNGAI KALIMANTAN IV DAN BPBD KOTA SAMARINDA TINJAU DAN CEK WILAYAH TERDAMPAK BANJIR


Polsek Sungai Pinang - Hujan yang turun dengan intensitas tinggi dan durasi yang lumayan lama mulai Minggu dini hari hingga menjelang siang hari (20/03/2022) mengakibatkan beberapa wilayah hukum Polsek Sungai Pinang terendam oleh banjir.


Menyikapi kondisi tersebut, Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Irwanto, S.Si, S.I.K., M.I.K., beserta Tim Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV, dan BPBD Kota Samarinda, segera melakukan peninjauan di wilayah-wilayah yang terdampak oleh rendaman banjir akibat curah hujan yang tinggi.


Kapolsek beserta Tim segera melakukan peninjauan di Waduk Benanga (Bendungan Lempake) meninjau dan mengecek langsung ketinggian air sebagai langkah sigap tanggap becana. Saat peninjauan dan pengecekan TMA ketinggian air berkisar di 7.80 level kuning (siaga), dimana dimungkinkan TMA ketinggian air dapat bertambah disaat air kiriman dari wilayah Kelurahan Budaya Pampang Kecamatan Samarinda dan sekitarnya mengalir masuk ke dalam Waduk Benanga Lempake. Senin (21/03/2022)


Sementara di wilayah Kelurahan Budaya Pampang sendiri, sewaktu dilakukan peninjauan dan pengecekan terdapat tiga fasilitas publik yang turut terdampak oleh banjir, selain dari pekarangan warga maupun badan jalan, yakni Gedung SDN 016, Gedung SMPN 030 dan TK. Terpadau, meski hanya di halaman saja yang terdampak. Diketahui saat peninjauan dan pengecekan hampir seluruh RT di Kelurahan Budaya Pampang mulai RT, 01 hingga 04 terdampak oleh banjir, akibat meluapnya sungai karang mumus yang melewati Desa Budaya Pampang, dengan ketinggian air 4,3 M saat diukur dari dasar sungai oleh Tim Balai Wilayah Sungai Kalimantan IV.


Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Irwanto, S.Si, S.I.K., M.I.K. menuturkan peninjauan dan pengecekan pasca turunnya hujan berintensitas tinggi merupakan bentuk dari ketanggapan Polri mewaspadai potensi bencana alam, terutama bagi wilayah yang termasuk di dalam wilkum Polsek Sungai Pinang. Dengan bersinergi bersama instansi terkait, informasi dampak dari banjir yang diperoleh dapat diinformasikan kepada warga masyarakat melalui para Bhabinkamtibmas setempat maupun menggunakan media sosial, agar warga masyarakat dapat tetap mewaspadai segala potensi bencana alam yang mungkin saja dapat terjadi sewaktu-waktu.


“Yang kami harapkan untuk beberapa hari kedepan, cuaca mendukung dan tidak turun hujan, dan telah kami sampaikan kepada para Bhabinkamtibmas terutama di wilayah yang sering terdampak yakni Kelurahan Budaya Pampang, Kelurahan Lempake, serta Kelurahan Sempaja Timur untuk terus melaporkan perkembangan, apakah genangan air bertambah atau menyusut, sehingga Polsek Sungai Pinang beserta instansi terkait dapat mengambil langkah berikutnya untuk menjamin keamanan dan keselamatan warga masyarakat,” Pungkas Kompol Irwanto.

Tidak ada komentar:

Petani Kelapa Sawit Indonesia Terima Kasih ke Presiden Jokowi Karena Cabut Larangan Ekspor

Presiden Jokowi Diapresiasi Petani Sawit Indonesia Usai Cabut Larangan Ekspor  Jakarta - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) resmi menca...