Jumat, 07 Januari 2022

POLSEK SUNGAI PINANG LAKUKAN PENGAMANANAN DAN PENINJAUAN PROKES DALAM GELAR VAKSINASI DI SMK MEDIKA, 213 LANSIA IKUT TURUT SERTA




Polsek Sungai Pinang - Vaksinasi bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan dengan cepat melawan bakteri atau virus penyebab infeksi. Tujuan yang ingin dicapai dengan pemberian vaksin COVID-19 adalah menurunnya angka kesakitan dan angka kematian akibat virus ini.


Meskipun tidak 100% bisa melindungi seseorang dari infeksi virus Corona, vaksin ini dapat memperkecil kemungkinan terjadinya gejala yang berat dan komplikasi akibat COVID-19.


Selain itu, vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok. Hal ini penting karena ada sebagian orang yang tidak bisa divaksin karena alasan tertentu.


Polsek Sungai Pinang melalui Bhabinkamtibmas Sempaja Timur memberikan pengamanan serta meninjau sejauh mana penerapan protokol kesehatan diterapkan dalam setiap tahapan vaksinasi yang kembali digelar di SMK Medika, Jalan Padat Karya Kelurahan Sempaja Timur Kecamatan Samarinda Utara, Jumat (07/01/22).


Dalam giat vaksinasi COVID-19 dosis 1 dan 2 kali ini, jenis Vaksin yang digunakan diantaranya Sinovac, Pfizer, dan Astazaneca dengan petugas vaksinator terdiri dari 2 tim Nakes yakni dari R.S.T. Dankesyah dan PKM Bengkuring


Vaksinasi yang digelar diikuti sebanyak 785 orang dimana sejumlah 213 orang merupakan golongan lansia dan sisanya termasuk dalam golongan Pra-lansia dan usia produktif.


Menurut Bhabinkamtibmas Kelurahan Sempaja Timur, Bripka Adi Kurniawan Wahid, sebagai kelompok yang sangat rentan terpapar COVID-19, pemerintah memprioritaskan lansia untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dengan harapan dapat menggendalikan angka kesakitan bahkan kematian pada lansia.


Karena berdasarkan data Kementerian Kesehatan, kelompok lanjut usia memiliki faktor risiko hingga 60 kali lipat lebih parah dibandingkan anak-anak. Bahkan, selama pandemi tercatat kelompok yang memerlukan perawatan di RS didominasi lansia.


“Karena dari data selama pandemi, orang yang terpapar COVID-19, masuk RS dan wafat paling besar yang usianya diatas 60 tahun. Jadi buat bapak ibu yang ada disini, kalau ada orang tuanya ataupun kakek dan neneknya yang belum divaksin segeralah dibawa ke fasyankes atau sentra vaksinasi,” Ujar Bripka Adi.


Terpisah, Kapolsek Sungai Pinang Kompol Irwanto, S.Si, S.I.K., M.I.K., mengatakan “Ditengah masa Pandemi COVID-19 tentunya Vaksinasi sangat penting bagi kita semua dalam membentengi diri dari paparan COVID-19, terlebih para lansia yang termasuk didalam golongan rentan terpapar virus Corona, dimana sebelum vaksinasi diberikan, tentunya petugas kesehatan terlebih dahulu memeriksa kondisi kesehatan para lansia melalui screening,” Ungkap Kompol Irwanto.


Kompol Irwanto menambahkan “Pemerintah saat memprioritaskan lansia untuk vaksinasi COVID-19, terutama karena lansia termasuk kelompok yang sangat rentan terpapar COVID-19 dan percepatan vaksinasi COVID-19 dapat menjadi kunci untuk menekan angka kematian pada lansia, sehingga seluruh masyarakat dapat terlindungi dari paparan virus yang penyebarannya sangat masif ini,” Pungkasnya.

Tidak ada komentar:

POLSEK SAMARINDA ULU MELAKSANAKAN MONITORING GIAT VAKSINASI ANAK USIA 6-11 TAHUN SECARA MASSAL UNTUK PELAJAR SEKOLAH DASAR

Polsek Samarinda Ulu - Guna mendukung program vaksinasi covid-19 untuk anak usia 6 s/d 11 tahun di mana sesuai Jadwal dari Dinas Kesehatan t...