Rabu, 29 Desember 2021

JELANG PERGANTIAN TAHUN POSKO TERPADU ANGKUTAN UDARA DI APT PRANOTO TINGKATKAN PENGAWASAN

Polsek Sungai Pinang - Ratusan penumpang mulai memadati Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda.


Lalu lalang penumpang sudah terlihat sejak pagi, para penumpang ini ada yang akan berangkat dan ada pula baru tiba di Samarinda. 


Tercatat, ratusan penumpang menggunakan tiga maskapai penerbangan yakni Lion Air, Batik Air dan Citilink, Rabu, (29/12/2021). Banyaknya jumlah penumpang dari hari biasa ini berkaitan libur Natal dan tahun baru 2022.


Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Samarinda, Agung Pracayanto melalui Kasi Teknis dan Operasi, Dwi Muji Raharjo menjelaskan, Dari catatan, mulai terjadi penurunan jumlah penumpang. Sebanyak 524 penumpang datang sementara 579 penumpang berangkat ke berbagai daerah sesuai dengan rute penerbangan. 


“Jumlah penumpang fluktuatif dan untuk kenaikan kembali di prediksi akan terjadi pada arus balik Natal dan tahun baru,” ungkap Dwi


Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Gugus Covid-19 nomor 24. Dalam SE tersebut para penumpang yang berangkat atau melakukan penerbangan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 diwajibkan sudah melakukan vaksin ke 2 dan disertai surat keterangan antigen dengan hasil negatif. 


Pihak bandara menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan dan validasi hasil swab antigen dan PCR yang telah terhubung aplikasi peduli lindungi, dengan diback up petugas gabungan Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2021-2022, yang terdiri dari TNI-Polri (Polsek Sungai Pinang), PMI, Karantina Pertanian dan Dishub.


“Bagi calon penumpang yang baru melakukan vaksin 1 kali,  dalam periode penerbangan Nataru tidak diperkenankan,” tegas Dwi. 


Kesibukan di Bandara APT Pranoto selalu dipantau oleh Personel Polsekta Sungai Pinang dan instansi terkait yang bergabung di Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru 2021-2022. Para petugas gabungan ini memantau pergerakan penumpang sembari memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga, dan yang tidak kalah penting adalah penerapan protokol kesehatan di seluruh area Bandara APT Pranoto.


Dilain pihak, Kapolsek Sungai Pinang Kompol Irwanto, S.Si, S.I.K., M.I.K., mengatakan, “Personel kami turut mengamankan dan memonitoring penerapan protokol kesehatan, hingga jam operasional Bandara selesai, dan menjelang pergantian tahun pengawasan dan monitoring tersebut pun akan lebih ditingkatkan,” Ungkap Kompol Irwanto.


Sejak awal dibentuk hingga hari ini, dari hasil pantauan di lapangan belum ada kasus menonjol lainnya terkait pelanggaran protokol kesehatan, maupun adanya warga yang terpapar virus Covid-19, Semua berjalan normal dan aman,” Singkat Kompol Irwanto.

Tidak ada komentar:

SUKSES, POLRESTA SAMARINDA BERIKAN PENGAMANAN PERTANDINGAN SEPAKBOLA BRI LIGA 1 YANG DIGELAR DI STADION SEGIRI

SAMARINDA, Polresta Samarinda mengawal langsung jalannya pengamanan pertandingan lanjutan BRI Liga 1 antara Persebaya Surabaya vs Borneo FC ...