Senin, 22 November 2021

HARI KONTRASEPSI SEDUNIA, TNI-POLRI LAKUKAN SAFARI KB BERSAMA INSTANSI TERKAIT DI PALARAN

 

Palaran-- Kontrasepsi merupakan salah satu bagian dalam pengelolaan program Keluarga Berencana. Perencanaan keluarga bertujuan untuk mewujudkan kehidupan reproduksi yang sehat dapat dijalankan dengan konkrit diantaranya dengan penggunaan alat kontrasepsi.,dalam memperingati hari kontrasepsi sedunia Dinas Pengendalian Penduduk dan KB melaksanakan pelayanan di prakterk Bidan Lilis jalan Trikora Kecamatan Palaran. Sabtu(20/11/21)


Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Drs. Nurul Muminayati, MM,Kabid pelayanan KB kota Samarinda dr.Sunarto,Plt. Camat Palaran Bapak Jamaliyanto,M.Si,Lurah Rawa Makmur Yulian Mustopa, SP, i,Ketua Pokja 4 kota smd Bapak Masdayon,Bidan PKM Palaran Lilis Sukismi, S,NS,Ketua PKK Rawa Makmur ibu Dwi Utami,Bidan PKM Palaran sebanyak 10 Orang dan Kader KB Palaran 8 orang.


Kepala dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana Drs.Nurul Muminayati,MM mengatakan Hari Kontrasepsi Sedunia mengajak setiap orang untuk dapat memahami penggunaan kontrasepsi dan seks yang aman untuk mencegah kehamilan yang tidak terencana. Pendidikan mengenai keluarga berencana juga perlu ditingkatkan.


Sangatlah perlu diadakan sosialisasi serta penyuluhan mengenai KB diantaranya seperti pengunaan alat kontrasepsi ataupun penggunaan alat KB lainya.tambahnya


Kontrasepsi memungkinkan keluarga untuk merencanakan kehamilan dan mengatur jarak anak. Kontrasepsi juga dapat meningkatkan peluang ekonomi bagi perempuan.


Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelayanan akseptor KB kepada warga Palaran sebanyak 789 orang yang terdiri dari:

1. IUD: 28

2. IMPLAN: 39

3. SUNTIK: 241

4. PIL: 350

5. KONDOM : 129


Kapolsek Palaran AKP Roganda,S.H melalui Bhabinkamtibmasnya Bripka Firmansyah menyampaikan agar pelaksanaan kegiatan tersebut tetap mematuhi protokol kesehatan,mengingat pandemi covid-19 belum berakhir.

Tidak ada komentar:

Terbang ke Lumajang, Kapolri Tinjau Langsung Korban Erupsi Gunung Semeru

  JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal meninjau langsung masyarakat yang menjadi korban erupsi Gunung Semeru, Jawa Timur. I...