Senin, 11 Oktober 2021

PUSLITBANG POLRI LAKSANAKAN PENELITIAN OPTIMALISASI TINGKAT PENGGUNA JALAN YANG BERKESELAMATAN DI POLRESTA SAMARINDA

 

Polresta Samarinda menjadi salah satu objek penelitian Tim Puslitbang Polri (Pusat Penelitian dan Pengembangan) terkait Optimalisasi Tingkat Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan Untuk Mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu Lintas (KAMSELTIBCARLANTAS) di Kota Samarinda bertempat di Aula Wira Pratama Mapolresta Samarinda, Senin (11/10/2021).


Kedatangan Tim Peneliti dan Supervisi Puslitbang Polri disambut langsung oleh Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.Si.


Kapolresta Samarinda mengucapkan Selamat Datang Kepada Ketua Tim Puslitbang Polri dan Jajaran di Polresta Samarinda serta Terima Kasih yang sebesar-besarnya atas Kunjungan Tim Puslitbang Polri, Mohon Maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan kami, selanjutnya kami mohon petunjuk dan arahan.


Sementara itu dalam sambutanya Ketua Tim Supervisi Puslitbang Polri (Kapuslitbang Polri) Brigadir Jenderal Polisi Drs. Iswyoto Agoeng Lesmana Doeta, M.Si. menjelaskan bahwa kunjungan Tim kami disini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap (keterampilan) dan persepsi pengguna jalan dalam mewujudkan Kamseltibcarlantas.


Selanjutnya Ketua Tim peneliti Kombes Pol. Saefuddin Mohamad, S.I.K. menjelaskan  selain itu tujuan kunjungan ini dalam rangka Optimalisasi Tingat Pengguna jalan yang Berkeselamatan untuk Mewujudkan Keamanan, Keselamatan , Ketertiban dan Kelancaran lalu lintas (KAMSELTIBCAR LANTAS) T.A. 2021.


“Penelitian yang melibatkan akademisi ini di mulai dari adanya data tingkat kecelakaan lalu lintas yang relatif tinggi khususnya yang menyebabkan korban meninggal dunia. Faktor -faktor yang menyebabkan angka kecelakaan tinggi antara lain adanya kelalaian pengguna jalan, faktor alam dan faktor keadaan jalan itu sendiri. Pembangunan transportasi yang baik sangat dibutuhkan sehingga kami mencari masukan masukan yang baik untuk meminimalisir tingginya angka kecelakaan, sebagai contoh kondisi jalan dari kota Samarinda menuju Kota Balikpapan relatif bagus namun kondisinya sepi sehingga dapat memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas," ucapnya.


“Lebih lanjut di jelaskan bahwa Puslitbang Polri sudah melakukan penelitian penelitian terkait dengan hal tersebut seperti menyebar kuisioner melalui online, melakukan wawancara kepada para pengguna jalan untuk menganalisis faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dan tentunya dengan harapan penelitian tersebut dapat memberikan solusi yang baik kedepan minimal angka korban kecelakaan meninggal dunia dapat di minimalisir,” tutupnya.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan FGD (Forum Grup Disccusion) yang mana dibagi menjadi dua, untuk Personel sat lantas polresta Samarinda dilakukan pendalaman oleh Kombes Pol. Saefuddin  Mohamad, S.I.K. sendiri dan untuk masyarakat serta Perwakilan stake holder terkait di dalami oleh Pembina utama Prof. Dr. Dwi Purwoko, M.Si (Konsultan peneliti) di tempat yang sama.

Tidak ada komentar:

Vaksinasi Massal di Kota Samarinda Lewat Pegabdian 31 Tahun AKABRI Angkatan 90

  polrestasamarinda.com - Masyarakat Kota Samarinda, Kalimantan Timur, kembali menerima vaksinasi massal Dosis II lewat pengabdian 31 Tahun ...