Senin, 09 Agustus 2021

SATGAS COVID-19 SUNGAI PINANG GENCAR YUSTISI, SATU PENGUNJUNG KAFE DINYATAKAN REAKTIF COVID-19

Polsek Sungai Pinang - Meski jam sudah menunjukkan pukul 21.30 Wita namun sejumlah kafe dan warung makan masih melayani sejumlah pelanggan yang datang ke lapaknya. Dengan tegas petugas gabungan dari tim Satgas Kecamatan Sungai Pinang meminta para pelanggan yang nongkrong di kafe di Jalan Gerilya, Pelita, Lambung Mangkurat, dan Bukit Alaya, menyudahi aktivitasnya pada Sabtu malam (7/8).


Namun sebelum pulang. Petugas meminta para pengunjung yang nongkrong di kafe ini untuk mengikuti swab antigen yang dilakukan petugas medis dari puskemas terlebih dahulu. Hasilnya, seorang remaja pengunjung kafe ternyata positif covid hasil swab antigen. 


Hal ini membuat pengunjung lain yang awalnya ingin melihat dan menyaksikan swab antigen menjadi was-was lantaran takut tertular. Kebanyakan mereka tidak menyangka jika ada salah satu pengunjung ternyata terpapar Covid-19.


“Saya pikir baik-baik saja, sebab pengunjung lain hasilnya negatif. Ya takut aja sih ikut terpapar juga,” ungkap Riski (27) pengunjung kafe di Jalan Pelita.


Lantaran kedapatan positif covid. Remaja ini selanjutnya diminta untuk segera pulang dan diberikan surat rujukan untuk mengikuti tes lanjutan berupa tes PCR di Puskesmas Temindung. 


Camat Sungai Pinang, Siti Hasanah menjelaskan giat razia protokol kesehatan semakin ditingkatkan semenjak PPKM Level 4 diperpanjang. Tracking yang dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan warga terutama yang berada di wilayah Sungai Pinang. “Seperti yang kita ketahui bersama, Kecamatan Sungai Pinang masih di zona merah. Untuk itu perlu upaya pencegahan penyebaran salah satunya dilakukan swab antigen secara random kepada para pengujung kafe maupun rumah makan,” kata Siti. 


Meski hasil swab antigen remaja tersebut positif namun untuk lebih memastikan lagi perlu dilakukan tes lanjutan kembali. Dan disarankan agar remaja itu banyak istirahat serta mengurangi kegiatan berkumpulnya dulu. 


Sementara untuk pengunjung lain yang hasilnya negatif diharapkan tetap waspada dan mematuhui protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. 


“Malam ini ada sekitar 37 orang pengujung di empat kafe yang kami sasar. Satu hasil positif. Ini menunjukkan bahwa kita harus tetap waspada dan jangan lengah. Sebisanya hindari berkerumun dan selalu gunakan masker,” pintar Siti. 


Dilain pihak, Kapolsek Sungai Pinang, Kompol M. Jufri Rana, S.H. menyebut, giat operasi yustisi Covid-19 yang digelar hampir setiap hari bertujuan untuk terus mengingatkan warga akan bahaya penyebaran Covid-19. Pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas. 


“Instruksi Wali Kota sudah jelas. Bahwa perlu upaya dan kerjasama semua pihak agar virus ini tidak semakin menyebar. Untuk itu perlu dukungan semua pihak. Kami tidak akan bosan-bosannya mengingatkan warga bahkan memberi hukuman pembinaan jika terjadi pelanggaran,” tegas Kompol Jufri.

Tidak ada komentar:

Gencarkan Giat Kemanusiaan, Polresta Samarinda Bantu Warga Terdampak Banjir

  SAMARINDA - Kegiatan kemanusiaan terus dilakukan Polresta Samarinda dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wila...