Senin, 30 Agustus 2021

POS PENYEKATAN SUNGAI SIRING TINGKATKAN PENDISIPLINAN PROKES WARGA LUAR SAMARINDA

Polsek Sungai Pinang - Di Hari keenam perpanjangan PPKM Level 4, yang akan berlangsung hingga tanggal 2 September mendatang, Petugas Gabungan dari Polresta Samarinda, Brimob, Polsek Sungai Pinang, Koramil 0901-02/Sungai Pinang, Satpol PP, dan BPBD Kota Samarinda masih gencar melakukan penyekatan kepada warga masyarakat dari luar Kota Samarinda, yang akan masuk ke wilayah Kota Samarinda, Senin (30/8/2021).


Giat penyekatan yang dimulai sejak pukul.08.00 wita hingga pukul 11.00 wita itu memberhentikan kurang lebih 50 kendaraan baik R2 maupun R4, untuk dilakukan pemeriksaan utamanya kartu identitas untuk memastikan domisili warga dan pengecekan penerapan protokol kesehatan (prokes), diantaranya pengcekan suhu tubuh, penggunaan masker, serta jumlah maksimal penumpang untuk R4.


Kapolsek Sungai Pinang melalui Padal Pos Penyekatan Iptu Subagyo menjelaskan, giat penyekatan di Pos Penyekatan Sungai Siring, bertujuan untuk mencegah masuknya paparan virus Covid-19, yang dibawa oleh warga luar Kota Samarinda, melalui pensiplinan protokol kesehatan, serta pengecekan identitas beserta domisili warga yang akan melintas.


Dalam kegiatannya, petugas gabungan melakukan pengecekan suhu badan, melakukan himbauan dan peneguran terhadap pengendara R2 dan R4 yang tidak menggunakan masker hingga pengaturan lalin di depan pos penyekatan.


“Kurang lebih sekitar 50 kendaraan yang terdiri dari R2 maupun R4 yang kami periksa. Dari puluhan kendaraan tersebut ada beberapa pengendara tanpa masker yang kami minta membeli dulu, kemudian memakainya dengan benar, jika tidak bersedia mengikuti imbauan kami akan memerintahkan untuk putar balik,” Tegas Iptu Subagyo Padal Pos Penyekatan.


Ditambahkan oleh Iptu Subagyo dari hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas gabungan. Rata-rata pengendara maupun penumpang memiliki suhu tubuh normal di bawah 36 derajat yang artinya kondisi seseorang dalam kategori baik dan sehat, “jika terdapat warga yang suhu tubuhnya melebihi dari ambang normal, kami segera arahkan kepada tim Nakes untuk dilakukan test swab antigen,” Tambah Iptu Subagyo.


“Meski dalam giat penyekatan masih ditemukan pelanggaran Protokol Kesehatan, dihari keenam perpanjangan PPKM Level 4 ini, kami selaku Petugas gabungan yang mengawaki Pos Penyekatan Sungai Siring, akan tetap mengedukasi dan mengimbau masyarakat untuk mengedepankan kepatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan, dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda,” Tutup Iptu Subagyo.

Tidak ada komentar:

Polri Bersinergi dengan BEM dan OKP Gelar Vaksinasi Merdeka se-Indonesia

  Jakarta - Polri bersinergi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) menggelar kegiatan vaksin...