Rabu, 04 Agustus 2021

PERPANJANGAN PPKM LEVEL 4 POS PENYEKATAN SUNGAI PINANG MAKSIMALKAN PEMERIKSAAN

Polsek Sungai Pinang - PPKM Level 4 yang telah diperpanjang pemerintah kini memasuki hari ke dua. Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda. Pos penyekatan yang berdiri di depan Bandara Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) Samarinda yang terletak di Jalan Poros Samarinda-Bontang, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara kembali memperketat penjagaan, Rabu (4/8).


Seluruh kendaraan dari arah Kota Bontang, Sangatta dan Kukar yang memasuki Kota Tepian tak luput dari pemeriksaan tim gabungan dari Polresta Samarinda, Polsekta Sungai Pinang, Koramil 0901-02/Sungai Pinang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda yang bertugas sejak pukul 08.00 Wita hingga 11.00 Wita. 


Kurang lebih tiga jam, petugas memeriksa lebih dari 100 warga yang mengendarai motor maupun mobil. Pemeriksaan dimulai dari identitas diri, penggunaan masker dan pengecekan suhu tubuh. Bagi warga luar Kota dilakukan swab antigen. 


Meski rata-rata memiliki suhu tubuh antara 34-36 derajat. Namun dua orang dinyatakan reaktif Covid-19 hasil swab antigen di pos penyekatan. Kedua warga ini selanjutnya diminta untuk melakukan tes PCR guna mengetahui kondisi pasti tubuhnya.


Kapolsek Sungai Pinang, Kompol M. Jufri Rana menyebut, kedua warga yang reaktif Covid-19 merupakan warga dari luar Samarinda yang akan masuk ke Kota Tepian. Lantaran memiliki Kartu Tanpa Penduduk (KTP) dari luar daerah itulah tim Satgas melakukan uji swab kepada keduanya. 


“Sebenarnya ada 14 orang yang hendak masuk Samarinda ber-KTP luar. Namun setelah dilakukan uji swab 11 orang dinyatakan negatif dan tiga orang positif. Untuk yang dinyatakan positif kami minta untuk melakukan tes lanjutan,” Ungkap Kompol Jufri.


Selain meminta untuk melakukan tes lanjutan, kedua warga tersebut diminta untuk melakukan isolasi mandiri agar tidak menukarkan kepada yang lain. 


Selanjutnya tim Satgas yang bertugas di pos penyekatan tak jauh dari perbatasan Samarinda-Kukar akan kembali melakukan kegiatan pada esok hari. 


“Kami imbau kepada pengendara untuk memastikan kondisi kesehatannya sebelum melakukan perjalanan. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan masker sebagai penerapan protokol kesehatan. Jika tidak ada kepentingan mendesak sebaiknya di rumah saja,” Pungkas Kompol Jufri.

Tidak ada komentar:

Gencarkan Giat Kemanusiaan, Polresta Samarinda Bantu Warga Terdampak Banjir

  SAMARINDA - Kegiatan kemanusiaan terus dilakukan Polresta Samarinda dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wila...