Selasa, 17 Agustus 2021

Berhenti Sejenak Untuk Memperingati Detik-Detik Proklamasi HUT RI KE-76

 

SAMARINDA - Ada yang unik dalam peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia di Kota Samarinda pukul 11.17 WITA pada Selasa (17/08/2021), jajaran Polresta Samarinda bersama petugas gabungan lainnya, dan para relawan kota samarinda selama tiga menit menghentikan seluruh aktivitas, termasuk kendaraan.


Berdasarkan pantauan di simpang empat lembuswana personil Polri, TNI, Dishub, BPBD, pengguna jalan (roda dua dan empat), bahkan pesepeda hingga penjual keliling dan pejalan kaki semuanya berhenti beraktivitas saat sejumlah sirene dari mobil polisi dan sepeda motor petugas ‘menjerit’ menyalakan sirene dan membunyikan klakson .


Itu menandakan detik-detik peringatan HUT Ke-76 RI, semua warga negara Indonesia (WNI) wajib menghormatinya. Semua personil mengambil sikap sempurna, tak ada kecuali. Baik yang sedang berjalan kaki maupun yang mengemudi semua wajib berhenti.


Bahkan tepat di bawah lampu lalu lintas di titik zebra cross Simpang Lembus, setidaknya ada personil gabungan dan relawan berdiri tegap sambil mengacungkan tangan ke depan untuk memberi pertanda semua kendaraan wajib berhenti.


“Ini sudah kita rencanakan sejak awal, bahkan bukan di simpang lembuswana saja di persimpangan lainnya juga kita adakan hal serupa yang di pantau oleh polsek jajaran, untuk menggelorakan semangat peringatan HUT ke-76 RI, kita minta seluruh aktivitas berhenti,” ujar Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol A. Andi S., S.H., S.I.K., M.H. seusai detik-detik peringatan HUT Ke-76 RI.


Ia menyebutkan, sikap sempurna dari seluruh personil dengan iringan sirene dan suara klakson ini sebagai bentuk penghormatan detik-detik proklamasi yang diharapkan seluruh personil dan pengguna jalan tetap bersemangat dalam beraktivitas dan menghormati jasa-jasa para pahlawan.


“Yang jelas ini untuk menggelorakan saja. Peringatan HUT RI dan detik-detik proklamasi diperingatinya dengan cara menyalakan sirene dan membunyikan klakson serta menghentikan aktivitas,” pungkasnya.


"Tidak lupa dalam kesempatan ini pula kami memberikan masker kepada pengguna jalan agar warga masyarakat selalu ingat untuk disipilin menjalankan Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19," Tambah Kompol Andi.

Tidak ada komentar:

Gencarkan Giat Kemanusiaan, Polresta Samarinda Bantu Warga Terdampak Banjir

  SAMARINDA - Kegiatan kemanusiaan terus dilakukan Polresta Samarinda dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wila...