Kamis, 29 Juli 2021

KAPOLSEK SUNGAI PINANG PANTAU DAH PERIKSA KENDARAAN YANG LEWAT DI POS PPKM SUNGAI SIRING

 

Polsek Sungai Pinang - Untuk memastikan Kepatuhan masyarakat terhadap imbauan protokol kesehatan (prokes) terlebih saat ini Samarinda menerapkan PPKM Level 4. Camat Samarinda Utara, Syamsu Alam bersama Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Muhammad Jufri Rana, S.H. turun ke lapangan memantau jalannya pemeriksaan kendaraan yang melintas di depan Bandara Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT Pranoto) Samarinda yang terletak di Jalan Poros Samarinda-Bontang, Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara, Kamis (29/7). 


Pemeriksaan di pos penyekatan dari unsur gabungan dari Polsek Sungai Pinang, Koramil 0901-02/Sungai Pinang, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda semakin intens dilakukan menyusul semakin meningkatnya kasus terkonfirmasi positif hingga meninggalnya warga akibat virus korona di Kota Tepian. 


Pos penyekatan yang dibuka sejak pukul 08.00 hingga 11.00 Wita ini bakal memeriksa semua jenis kendaraan yang melintas menuju Samarinda dari arah Bontang. Dari identitas, suhu tubuh hingga penerapan protokol kesehatan (Prokes) utamanya penggunaan masker. 


“Pada hari ini kami memeriksa sedikitnya 65 mobil dan 30 motor yang masuk Samarinda. Rata-rata memililiki suhu tubuh normal dan memiliki kartu Identitas Samarinda. Sehingga 95 kendaraan ini kami persilahkan melanjutkan perjalanan,” kata Kapolsek Sungai Pinang, Kompol Muhammad Jufri Rana, S.H.


Sementara, bagi pengendara maupun penumpang yang memiliki identitas luar Samarinda, maka diwajibkan mengikuti swab antigen yang disiapkan di pos penyekatan. 


“Ada 14 orang beridentitas luar Samarinda mengikuti swab antigen. Selang 15 menit hasil menunjukkan dia orang positif covid-19,” ungkap  Kompol Jufri.


Bagi dua warga yang hasil swab antigen positif maka diminta kembali ke daerah asal dan diminta untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. 


“Kami tidak mempersulit tapi ini bentuk antisipasi. Toh hanya sebentar saja. Jika hasil negatif silahkan lanjutkan perjalanan. Kalau hasil positif silahkan memeriksakan kesehatannya dulu,” tutur Kapolsek. 


Sementara, Camat Samarinda Utara, Syamsu Alam menegaskan jika pemeriksaan di pos penyekatan bertujuan untuk men screening dan tracking warga pendatang yang masuk Samarinda. Upaya ini diharapkan mampu mencegah masuknya virus korona dari luar Samarinda. 


“Tujuan pemerintah agar warganya selalu terlindungi. Namun demikian kepatuhan prokes ini yang menjadi pilihan utama agar warga terhindar dari virus korona,” singkat Syamsu.

Tidak ada komentar:

Gencarkan Giat Kemanusiaan, Polresta Samarinda Bantu Warga Terdampak Banjir

  SAMARINDA - Kegiatan kemanusiaan terus dilakukan Polresta Samarinda dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wila...