Selasa, 01 Juni 2021

Berlangsung Khidmat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Aula Wira Pratama Polresta Samarinda

Samarinda – Berlangsung Khidmat Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual di Aula Wira Pratama Polresta Samarinda, Selasa (01/06/21).


Pemutaran video conference upacara peringatan hari lahir Pancasila 01 Juni 2021 yang diikuti Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, SIK., M.Si dan dihadiri PJU Polresta Samarinda, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Virus Covid-19.


Pesan bapak Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo tadi melalui Video Conference, mari kita renungkan apa yang sudah kita abdikan kepada negara ini. Dalam situasi Covid-19 saya minta juga kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap menjaga kesehatan, berolah raga dan jalani dengan penuh suka cita, Diharapkan dengan memperingati hari lahir Pancasila ini, seluruh lapisan masyarakat dapat menerapkan nilai – nilai Pancasila dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.


Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara harus menjadi landasan pokok dan landasan fundamental bagi penyelenggaraan negara Indonesia.


Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah konstitusi negara sebagai landasan konstitusional bangsa Indonesia yang menjadi hukum dasar dalam penyelenggaraan kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan bentuk negara yang dipilih oleh bangsa Indonesia yang lahir dari pengorbanan jutaan jiwa dan raga para pejuang bangsa sebagai komitmen bersama mempertahankan keutuhan bangsa.

Bhinneka Tunggal Ika yang dapat diartikan walaupun bangsa Indonesia mempunyai latar belakang suku, agama, ras, bahasa, dan budaya yang berbeda-beda, tetapi tetap satu sebagai bangsa Indonesia.


Sosialisasi nilai-nilai Empat Pilar adalah untuk mengingatkan dan menyegarkan kembali komitmen seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara selalu menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka mewujudkan Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur


Pada Kesempatan ini Kapolresta Samarinda menyampaikan, “Puji syukur kepada Tuhan kita yang besar bahwa kita masih diberi kesehatan dan kekuatan sehingga kita dapat melakukan upacara peringatan tanggal 01 Juni 2021 sebagai hari lahirnya Pancasila," Ucapnya.


"Kita dapat mengambil momentum ini supaya kita paham, kita ini siapa, kita hidup dimana dan tidak perlu ada pro dan kontra lagi yang akhirnya nanti ada sikap bertanya – tanya maupun ucapan dan perbuatan sia – sia, saya sampaikan bahwa Pancasila sudah final silahkan browsing di Google atau buka Youtube agar kita lebih paham Pancasila sebagai falsafah negara yang mempunyai 5 nilai yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan/ Sosial dan Keadilan silahkan hal ini diterapkan dalam hubungan kita antara sesama,” Tegas Kombes Pol. Arif.

Tidak ada komentar:

PEDULI KESEHATAN WARGA POLSEK SAMARINDA SEBERANG BAGIKAN MASKER HIMBAU DISIPLIN PROKES

  Tidak menyediakan ruang pada virus corona di wilayahnya, Polsek dan Koramil Samarinda Seberang menggelar operasi yustisi Dengan sasaran ma...