Rabu, 10 Maret 2021

KAPOLSEK SUNGAI PINANG HADIRI RAPAT KOORDINASI RENCANA IMPLEMENTASI ALAT GENOSE DI BANDARA APT PRANOTO

Kapolsek Sungai Pinang Hadiri Rapat Koordinasi Rencana Implementasi Alat GeNose Di Ruang Rapat Bandara A.P.T. Pranoto Samarinda


Polsek Sungai Pinang - Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Samarinda, Kapolsek Sungai Pinang Kompol M. Jufri S.H. didampingi Wakapolsek Sungai Pinang AKP Budiarso menghadiri Rapat Koordinasi Rencana Implementasi Alat GeNose di ruang rapat Bandara A.P.T. Pranoto Samarinda, Rabu (10/03/21)


GeNose bekerja mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC) yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas melalui embusan nafas ke dalam kantong khusus.


Selanjutnya diidentifikasi melalui sensor-sensor yang kemudian datanya akan diolah dengan bantuan kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence).


Menurut Ka UPBU A.P.T. Pranoto Agung Pracayanto penggunaan GeNose masih menunggu surat edaran namun Dinas Perhubungan memberikan kesempatan sehingga pada saat ini diselenggarakan rapat koordinasi kesiapan GeNose di Klinik Bandara A.P.T. Pranoto Samarinda.”


Perlu diketahui, soal tingkat akurasi, boleh diacungi jempol. GeNose diklaim memiliki akurasi mendeteksi Covid-19 hingga di atas 90 persen. Harga tes dengan GeNose ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan metode tes Covid-19 yang sudah digunakan di Indonesia sejauh ini.


Dengan penggunaan GeNose ini diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19 sekaligus kampanye Bangga Buatan Indonesia yang sedang digalakkan pemerintah pada masa pandemi.


Kapolsek Sungai Pinang Kompol M. Jufri Rana S.H.  mengatakan “Dalam rangka penyiapan alat GeNose yang merupakan upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 kami dari Polsek Sungai Pinang menyambutnya dengan Positif, yang terpenting adalah pertanggung jawaban penggunaan alat GeNose, guna menghindari adanya permasalahan atau komplain dikemudian hari.”


“Dalam penerapan protokol kesehatan di lingkup Bandara A.P.T. Pranoto tetap harus ada upaya untuk mencegah terjadinya kerumunan, sehingga tidak terjadi Kluster baru dalam pelaksanaannya nanti.” Pungkas Kompol M. Jufri Rana.

Tidak ada komentar:

PERSONIL POLSEK PALARAN SEMPROTKAN CAIRAN DISINFEKTAN DI RUANG PELAYANAN GUNA CEGAH VIRUS COVID-19

Palaran--Upaya pencegahan yang di lakukan personil Polsek Palaran dalam mencegah menyebarnya virus covid 19 yaitu dengan menyemprotkan caira...