Selasa, 16 Maret 2021

KAPOLSEK DAN LURAH SUNGAI PINANG HADIRI RAPAT KOORDINASI ASPEK KAMPUNG TANGGUH COVID-19

Kapolsek Sungai Pinang Didampingi Wakapolsek Sungai Pinang Dan Panit Binmas Polsek Sungai Pinang Hadiri Rapat Koordinasi Bersama Lurah Mugirejo Bahas Kelengkapan Kriteria Dan Aspek Kampung Tangguh Covid-19


Polsek Sungai Pinang - Kapolsek Sungai Pinang Kompol M. Jufri Rana S.H. didampingi Wakapolsek Sungai Pinang AKP Budiarso, Panit Binmas Polsek Sungai Pinang Ipda Gatot Budi Santoso, menghadiri Rapat Koordinasi bersama Lurah Kelurahan Mugirejo M. Syarif di Kantor Kelurahan Mugirejo Jalan Mugirejo Lubuk Sawah Kecamatan Sungai Pinang, Selasa (16/03/21).


Dalam rapat Koordinasi tersebut turut hadir Danramil-02/Smd Ilir Mayor Inf Surono S.H., Babinsa Mugirejo Serka Pujo dan Bhabinkamtibmas Lempake Aipda Winarto mewakili Bhabinkamtibmas Mugirejo yang sedang menjalani pendidikan pengembangan Personel.


Dalam giat rapat koordinasi tersebut dibahas apa saja yang harus dilengkapi terkait dengan kriteria-kriteria dari pembentukan Kampung Tangguh Covid-19, sesuai dengan S.K. Mendagri dan Wali Kota Samarinda. Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu guna mempersiapkan kawasan percontohan dengan melibatkan seluruh stake holder yang ada di Kelurahan Mugirejo yang akan dijadikan sebagai role mode dalam menghadapi perkembangan situasi dalam masa transisi adaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi wabah virus covid-19, di wilayah Kecamatan Sungai Pinang.


Kriteria kawasan yang akan dijadikan sebagai kampung tangguh Covid-19, harus memenuhi beberapa aspek diantaranya aspek keamanan, aspek kesehatan dan aspek ketahanan pangan.


Kapolsek Sungai Pinang mengatakan rapat koordinasi ini akan membahas terkait rencana harus memenuhi 3 aspek, yaitu aspek keamanan, aspek kesehatan dan aspek ketahanan pangan.


Dalam hal ini , tambahnya, tentunya akan kita kaitkan dengan masalah covid-19 yang saat ini sedang melanda. Aspek keamanan artinya kita harus dapat mengedukasi masyarakat khususnya dikawasan kampung tangguh agar apabila ada warganya yang terkena covid-19 jangan sampai terjadi penolakan / pengusiran dan jika perlu kita persiapkan warga yang bersedia membantu memakamkan apabila terdapat jenazah covid-19.


Lalu untuk Aspek kesehatan menurutnya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan protokoler-protokoler kesehatan yang telah dihimbau oleh Pemerintah.


Kemudian untuk masalah ketahanan pangan akan kita koordinasikan dengan pihak Kecamatan dan Ketua RT. setempat dimana RT. 19 akan dijadikan percontohan kampung tangguh dikarenakan untuk aspek ketahanan pangan, RT. 19 telah memenuhi syarat diantaranya adanya perkebunan tanaman produktif, tempat pengembangbiakan hewan ternak dan kolam pembenihan ikan.


Kompol M. Jufri Rana S.H. juga menjelaskan apabila progres kampung tangguh dilokasi yang sudah ditentukan yakni di Kelurahan Mugirejo tepatnya RT. 19 dapat berjalan, diharapkan akan menjadi contoh bagi kawasan atau wilayah kelurahan lainnya di wilayah Kecamatan Sungai Pinang dan Samarinda Utara.


Selanjutnya giat dilanjutkan dengan peninjauan Posko PPKM  Kelurahan untuk memberikan masukan dan arahan kepada petugas PPKM.

Tidak ada komentar:

PERSONIL POLSEK PALARAN SEMPROTKAN CAIRAN DISINFEKTAN DI RUANG PELAYANAN GUNA CEGAH VIRUS COVID-19

Palaran--Upaya pencegahan yang di lakukan personil Polsek Palaran dalam mencegah menyebarnya virus covid 19 yaitu dengan menyemprotkan caira...