Kamis, 25 Februari 2021

FOCUS GROUP DISCUSSION "BHABINKAMTIBMAS MENERIMA PELATIHAN TRACER COVID 19 OLEH DINKES KOTA SAMARINDA"

Samarinda - Sejumlah Bhabinkamtibmas dari jajaran Polresta Samarinda mengikuti pelatihan Tracer Covid-19 di Aula Wira Pratama Polresta Samarinda. Kamis, (25/02/21).


Polresta Samarinda menggandeng Dinas Kesehatan Kota Samarinda untuk memberikan pelatihan kepada para Bhabinkamtibmas terkait pencegahan serta pelacakan kasus Covid-19.

Kasat Binmas Polresta Samarinda AKP Teguh Sanyoto, S.E menyampaikan, pelatihan ini ditujukan untuk membantu para nakes di masing-masing desa/kelurahan dalam melacak kontak erat pasien Covid-19.

"Bhabinkamtibmas wajib tahu, misal ada klaster hajatan, tahu siapa yang rewang dan sebagainya. Makanya ada pelatihan khusus," Bebernya.


Di sisi lain, pelatihan ini juga untuk mendukung penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.


Para Bhabinkamtibmas diberi pemahaman dasar mengenai Covid-19, penyebabnya apa, seperti apa tanda-tandanya dan cara pencegahan dan penularan Covid-19.


"Selain pengetahuan Covid-19, mereka dibekali cara tracing atau pelacakan kontak erat. Cara melacak, tujuan tracing apa. Bagaimana pencatatan," tambahnya.


Sementara itu dr. Eri Wardana Dinkes kota samarinda saat memberikan pelatihan mengungkapkan, kedepannya Bhabinkamtibmas dilibatkan sebagai tracer mendampingi nakes di masing-masing wilayah. Menurutnya, peran dari Bhabinkamtibmas akan mendukung para nakes di kelurahan/desa untuk penanganan Covid-19.


"Mereka lebih tau kondisi dan situasi lingkungan masing-masing dan kalau ada penolakan tracing dari masyarakat maka sangat diperlukan bantuan Bhabinkamtibmas. Contohnya sering ditemui penolakan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan tracing protokol pemakaman pendekatannya lebih enak. Kadang didatangi aja ada penolakan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

GEBER IKA UNMUL BESERTA POLTEKKES KALTIM GELAR VAKSINASI MASSAL, POLSEK SUNGAI PINANG BERIKAN PENGAMANAN

  Polsek Sungai Pinang - Sejumlah Personel Polsek Sungai Pinang ditempatkan di sekitar Gedung Convention Hall Samarinda Jln. K.H. Wahid Hasy...