Senin, 04 Januari 2021

Ada aturan baru nih di tahun 2021 bagi masyarakat yang akan mengurus perpanjangan sim ataupun pembuatan sim baru yaitu harus melaksanakan psikotes terlebih dahulu

 


SAMARINDA - Awal tahun 2021 bagi pemohon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru maupun perpanjangan wajib lulus psikotes, yang diberlakukan mulai Senin (4/1/2021) hari ini.


Ini kembali diberlakukan berdasarkan instruksi Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kaltim.


Nah, untuk menghindari para pemohon SIM yang akan melakukan psikotes, Polresta Samarinda menambah pelayanan untuk psikotes.


Hal ini mengingat kondisi saat ini, yang masih dalam kondisi pandemi covid-19, sehingga tidak terjadi kerumunan orang.


"Iya, untuk layanan psikotes kami tambah, yang sebelumnya hanya satu, kami tambah lagi dua, sehingga ada tiga tempat bagi pemohon SIM," ungkap Kasat Lantas Polresta Samarinda, Kompol Ramadhanil saat dikonfirmasi Senin (4/1/2021) hari ini.


"Untuk memudahkan pemohon, layanan psikotes ini, masih berada di sekitar Polresta Samarinda," sambungnya.


Salah satu syarat untuk pembuatan atau perpanjangan SIM ini wajib, karena tertuang dalam pasal 81 ayat 4 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).


"Karena sudah ada aturannya, sehingga ini wajib dilengkapi oleh para pemohon pembuatan SIM baru maupun perpanjangan," imbuhnya.


Ya, lanjut kata Ramadhanil sebelumnya syarat psikotes tersebut sudah pernah diberlakukan, tetapi karena kondisi pandemi, mau tidak mau dihentikan sementara waktu.


"Untuk awal tahun ini kembali diberlakukan, karena situasi masih pandemi, untuk layanan psikotes kami tambah. Ini antisipasi kerumunan orang dan bagi meminta kepada pihak penguji untuk tetap menerapkan protokol kesehatan," pungkasnya.

Tidak ada komentar:

BANTU WARGA TERDAMPAK COVID-19, POLSEK SUNGAI KUNJANG BERI BANTUAN SEMBAKO

Bhabinkantibmas kelurahan Loa Buah Salurkan Bantuan Beras Kepada Masyarakat Yang Membutuhkan Polsek Sungai Kunjang melalui Bhabinkantibmas k...