Rabu, 02 Desember 2020

Penyerahan anggota Linmas PAM TPS Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda thn 2020 di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kepolisian Resor Kota Samarinda



Polresta Samarinda - 3924 anggota Linmas Kota Samarinda resmi di serahkan kepada Polresta Samarinda untuk pengamanan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 mendatang.


Secara simbolis, Sekda Kota Samarinda Dr. H. Sugeng Chairuddin, M.Si, menyerahkan anggota Linmas kepada Polresta Samarinda yang di terima oleh Kabag Ops Polresta Samarinda Kompol A. Andi, S.SH, SIK, MM.


Kegiatan apel penyerahan anggota Linmas PAM TPS Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Samarinda thn 2020 di Bawah Kendali Operasi (BKO) Kepolisian Resor Kota Samarinda yang dilaksanakan secara virtual., Selasa (01/12/2020).


Pasca menerima anggota Linmas, Kompol Andi langsung memberikan arahan. Terlebih ke depan untuk pengamanan dan penempatan diarahkan oleh jajaran Polresta Samarinda.


Jika anggota Linmas tersebut sebelumnya sudah menjalankan bimbingan teknis pembekalan untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga kotak suara, sehingga dalam menjalankan tugasnya nanti bisa bersinergi dengan petugas Kepolisian dan TNI yang berada di TPS.


“Kepada para anggota Linmas, kami sudah tekankan agar mereka profesional dalam pengamanan dan jangan sampai menggiring satu paslon untuk kepentingan tertentu,” ucapnya.


Hal lain seperti upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 atau menghindari adanya klaster baru, ia menambahkan Linmas juga sudah dibekali tugas untuk mengingatkan protokol kesehatan kepada para pemilih yang ingin memberikan hak suaranya saat datang ke TPS. Bahkan tambah Andi, pihaknya bersama Linmas juga sudah melakukan simulasi bagaimana cara menerapkan pola protokol kesehatan Covid-19 saat melakukan pencoblosan di kotak suara.


“Kami juga sudah melengkapi petugas Linmas dengan alat pengukur suhu tubuh dan hand sanitizer. Jadi apabila ada warga yang datang ke TPS dengan suhu tubuh di atas 37 derajat, maka kami siapkan bilik pencoblosan khusus yang didampingi petugas KPPS khusus dengan berpakaian lengkap APD. Tujuannya agar hak suara warga tetap tersampaikan,” ungkapnya.


“Kami sudah koordinasi dengan KPU Samarinda untuk mengatur waktu pencoblosan. Sehingga meminimalisir kerumunan,” tambahnya.


Terlepas dari itu, sebelum diserahkan kepada Polresta Samarinda, Linmas Kota Samarinda juga telah mendapatkan pembekalan dari Satpol PP Samarinda.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasatpol PP Samarinda, H. Darham, pembekalan sudah diberikan sejak September lalu. Sehingga para Linmas telah mengetahui tugas dan fungsi mereka saat pengamanan TPS.


Sementara itu Sekda Kota Samarinda Dr. H. Sugeng Chairuddin, M.Si, menyampaikan, "Pelaksanaan Pilkada menjadi perhatian serius semua pihak dan KPU Kota Samarinda telah menetapkan dari 59 Kelurahan ada sekitar 1960 TPS yang diamankan oleh 3924 orang linmas Pelaksanaan Pilkada serentak tanggal 9 Desember 2020 harus menjadi perhatian serius dari semua pihak". Ucapnya


"Maka dari itu linmas juga akan melakukan pengamanan melekat di TPS, bersama dengan TNI Polri yang bertugas mengamankan area tersebut". Tambahnya.

Tidak ada komentar:

Gencarkan Giat Kemanusiaan, Polresta Samarinda Bantu Warga Terdampak Banjir

  SAMARINDA - Kegiatan kemanusiaan terus dilakukan Polresta Samarinda dalam membantu warga masyarakat yang terdampak banjir di beberapa wila...