Selasa, 20 Oktober 2020

Enam Orang ABK Kapal KLM. HIKMAH BAHARI Terombang-Ambing Dua Hari Satu Malam Di Perairan Berau, Basarnas Kaltimtara di dampingi Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda Turun Lakukan Medivac / mengevakuasi


Enam Orang ABK Kapal KLM. HIKMAH BAHARI Terombang-Ambing Dua Hari Satu Malam Di Perairan Berau, Basarnas Kaltimtara di dampingi Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda Turun Lakukan Medivac / mengevakuasi


POLSEK KAWASAN PELABUHAN SAMARINDA - Kapal pengangkut kernel atau kelapa sawit, KLM Hikmah Bahari yang berlayar dari Pelabuhan Kab. Berau, Kalimantan Timur berisikan enam orang ABK yang akan menuju Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, karam di perairan selat Berau, tepatnya sekitar Pulau Sambit, pada, Jumat (16/10/2020) lalu pada saat siang hari.


Enam orang ABK ditemukan mengapung di tengah laut selama kurang lebih dua hari satu malam.


Diketahui enam orang tersebut yakni Suradi (49) Kapten Kapal, Sunur (36) Anak Buah Kapal (ABK), Risfandi Kasbian (21) ABK, Kasmin A Sarekat (22) ABK, Darmansyah (51) dan Meith Ronni Sambai (45) ABK.


Saat dikonfirmasi terkait hal ini Kepala Basarnas Kaltimtara, Melkianus Kotta melalui Koordinator Unit Siaga SAR Samarinda, Riqi Efendi menjelaskan, kapal bermuatan kernel ini terhantam gelombang besar akibat cuaca buruk di perairan, sehingga kapal karam dan tenggelam.


Keenam ABK tersebut terjun untuk menyelamatkan diri, hanya dokumen kapal yang tersimpan dalam sebuah tas jinjing berhasil mereka selamatkan.


Sempat terombang-ambing di lautan lepas, dari keenam ABK mengaku hanya memakan sisa bekal yang sempat mereka selamatkan. Jeriken dan pelampung mereka jadikan sebuah rakit guna bertahan hidup selama menunggu kapal melintas.


Hingga akhirnya kapal Cargo MV. Sagar Shakti yang melintas mengevakuasi keenam ABK KLM Hikmah Bahari tersebut, pada Minggu (18/10/2020) siang.


Medivac / evakuasi pun dilakukan jajaran Basarnas Kaltimtara yang di dampingi Personil Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda setelah mendapat laporan hal tersebut. Medivac ialah sebuah kerja penyelamatan berupa evakuasi untuk korban kecelakaan atau sakit dengan kondisi kritis ke tempat yang dituju. Evakuasi lengkap dengan peralatan medis pun menjadi jalan cepat untuk tindakan penyelamatan tersebut.


"Saat itu sekitar pukul 13.22 Wita, mereka ditolong kapal Cargo MV. Sagar Shakti asal Singapura. Dan kami dihubungi oleh pihak kapal tersebut untuk dilakukan Medivac, evakuasi ke daratan," jelas Riqi saat dikonfirmasi Senin (19/10/2020) hari ini.


Setelah mendapatkan laporan tersebut pihaknya segera bersama dengan tim SAR gabungan dan pihak kepolisian dari Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur menuju ke kepal Cargo MV. Sagar Shakti yang berlabuh jangkar di muara berau Kesyahbandaran Samarinda, Crew/ABK Kapal Cargo MV. Sagar Shakti saat itu menolong korban yang terombang-ambing di laut .


Evakuasi sendiri menggunakan armada kapal milik Basarnas sekitar pukul 19.00 Wita bertolak menuju kapal MV Sagar Sakti. Hingga akhirnya Senin (19/10/2020) pagi pukul 07.00 Wita armada gabungan berlabuh di Pos AL, kawasan Sungai Meriam Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara.


"Sesuai jalurnya, mereka kami evakuasi ke Samarinda, dari Muara Berau pukul 22.00 Wita, hari Minggu, saat itu mereka semua dalam kondisi selamat. Sekitar pukul 22.00 WITA hingga pukul 01.00 WITA dini hari, evakuasi dilakukan menuju Pos AL, dan langsung bertolak ke Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda," sebutnya.


"Kemudian, melalui jalur darat menuju Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda dengan menggunakan 4 unit ambulance, ini sesuai permintaan agen kapal mereka,"sambung Riqi.


Sesampainya di Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Samarinda Kota, timnya mendampingi yang kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan termasuk rapid test (karena kondisi pandemi Covid-19).


"Saat tiba mereka langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan saat ini mereka telah dibawa oleh agen kapal mereka. Dengan ini operasi Search And Rescue (SAR) tim gabungan kami kembali ke satuannya masing-masing," tutupnya.


Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, Kompol Aldi Alfa Faroqi, S.H., S.I.K., saat dikonfirmasi menjelaskan pihaknya hanya melakukan pendampingan dan evakuasi dari pihak Basarnas.


"Mereka juga dilakukan tes kesehatan dan kemudian dijemput oleh pihak agen kapal mereka," pungkas Kompol Aldi Alfa Faroqi, S.H., S.I.K.,


Selain itu, Kompol Aldi Alfa Faroqi, S.H., S.I.K., menceritakan, anggotanya di lapangan sempat menanyai perihal karamnya kapal KLM Hikmah Bahari jenis pinisi (kapal kayu) yang mengangkut 700 ton kernel. Namun dari Kapten Kapal KLM Hikmah Bahari mengatakan tidak melebih kapasitas angkut (over capacity).


"Murni karena cuaca buruk saat berlayar hingga kapal dihantam gelombang pasang tanggal 16 oktober kejadiannya, 18 oktober pagi diketemukan pagi oleh kapal Cargo MV. Sagar Sakti dan dinaikkan oleh kapten kapal pada siang harinya, barulah pihak kapal MV Sagar Sakti melapor pada Basarnas Kaltimtara," jelasnya.


Dari enam ABK yang tertolong diberikan baju dan selimut sampai dibawa ke samarinda oleh kapal penolong.


"Karena dua hari satu malam terombang-ambing dilautan lepas, kedinginan serta dalam keadaan lapar, jadi ABK kapal memberikan selimut dan baju," ungkap Kompol Aldi Alfa Faroqi, S.H., S.I.K.,


Keenamnya pun pada Senin (19/10/2020) sore membuat surat pernyataan kepada pihak Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda dan Basarnas yang mengevakuasi bahwa benar mereka telah dibawa serta telah dilakukan Medivac kedaratan sebelum akhirnya dibawa oleh pihak agen kapal untuk dilakukan pemulangan.


"Setelah cek kesehatan dan beristirahat sejenak di kawasan pelabuhan Samarinda, kebetulan 6 (enam) ABK KLM Hikmah Bahari kenal dengan ABK kapal lain di pelabuhan Samarinda yang sama-sama pernah bertemu di Bitung, kemudian membuat surat pernyataan dan diserahkan pada agen kapal," tutup Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda ini.


(Humas Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda/ Bripka Solik)

Tidak ada komentar:

PERSONIL POLSEK SAMARINDA KOTA HADIRI GIAT RAKOR PENANGANAN COVID-19 DI SAMBUTAN

Sambutan - Bhabiankamtibmas Sambutan Polsek Samarinda Aipda Yoyok Setiawan menghadiri Giat Rakor intansi Kec. Sambutan dengan Kel. Sambutan ...