Minggu, 23 Agustus 2020

Pendisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 diwilayah Kota Samarinda



Polresta Samarinda – Dengan terus meningkatnya kasus covid 19 di kota Samarinda Intansi terkait melakukan kegiatan gabungan TNI - POLRI - Sat Pol PP - BPBD - Dinas Kesehatan - Relawan Kota Samarinda dalam rangka Edukasi dan Sosialisasi Pendisiplinan Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19 diwilayah Kota Samarinda serta Rapid tes terhadap pemilik toko/cafe dan pengunjung, pemeriksaan rapid tes terhadap pengunjung warung kopi (warkop) dan kafe ini bersama tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (22/08/2020) malam.

 

Dalam giat ini di pimpin langsung oleh Waka Polresta Samarinda AKBP Dedi Agustono, S.I.K., M.H., dan plt kepala BPBD Hendra serta di hadiri Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade yaya suryana, S.I.K., M.H dan PJU Polresta Samarinda.


Pemeriksaan ini, dilakukan sebagai pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dan memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

 

“Malam ini kami melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah tempat kepada pemilik dan pengunjung warung kopi dan kafe yang berada di Citra Niaga dan Tepian, dengan melakukan rapid tes secara langsung di lokasi.

 

Hal ini untuk mencegah terjadinya penyebaran virus dari orang tanpa gejala (OTG), karena orang sehat pun beresiko membawa virus,” kata Waka Polres AKBP Dedi, usai sidak.

 

Jika hasil dari tes rapid menunjukan reaktif, lanjut waka, maka pengunjung akan di arahkan langsung ke Rs. Karantina yang telah di siapkan oleh pemerintah samarinda atau isolasi mandiri serta di jadwalkan untuk melakukan swab tes pada hari senin oleh petugas. Hal ini dimaksudkan agar pengunjung yang memiliki hasil reaktif, dapat ditangani secara cepat dan tepat oleh petugas medis.

 

“Kegiatan ini akan dilakukan secara berkala, sebagai bentuk upaya pencegahan sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus di tempat-tempat yang sering digunakan untuk nongkrong. Kami ingin masyarakat dapat terhindar dari pandemi ini, karena masih banyak ditemukan kalangan muda yang nongkrong meskipun terjadi peningkatan kasus covid 19 di kota samarinda.”  jelasnya.

 

Sementara itu, plt. Kepala BPBD Hendra menerangkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Kota Samarinda dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Mulai dari penerapan take away bagi pedagang, screening pendatang di setiap RT/RW, penerapan protokoler kesehatan bagi masyarakat, pembuatan bilik sterilisasi, ruang observasi bagi ODP dan masih banyak lainnya". Terang hendra.


Kombes Pol Ade Yaya Suryana, S.I.K., M.H., juga menghimbau kepada seluruh masyarakat guna tetap mematuhi protokol kesehatan jika ingin melaksanakan kegiatan di luar mengingat pandemi covid-19 belum berakhir.


“Tidak Lupa saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur khususnya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, diantaranya menggunakan masker, rajin mencuci tangan sebelum maupun sesudah beraktivitas dan menjaga jarak agar dapat mengurangi resiko penyebaran Virus Corona”, Ucap Kombes Pol Ade Yaya Suryana.

Tidak ada komentar:

Cekal penularan virus corona (covid-19) menyebar, Polsek Samarinda Seberang sambangi keramaian

Cekal penularan virus corona (covid-19) menyebar, Polsek Samarinda Seberang sambangi keramaian Polsek Samarinda Seberang yang di nakhodai ol...