Selasa, 14 Juli 2020

Pers conference terkait perkembangan covid-19 di kota samarinda



Polresta Samarinda - Dengan terdapatnya kasus positif Covid-19 terhadap tenaga kesehatan RSUD IA Moeis, akhirnya kota Samarinda untuk pertama terjadi kasus penyebaran transmisi lokal.


“Telah terdapat transmisi lokal di RS IA Moeis dan terdapat tenaga kesehatan yang telah dinyatakan hasil swab positif. Semua dalam kondisi baik dan dirawat di RS Karantina Covid-19 Samarinda,” ucap Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian (GTPP) Covid-19 kota Samarinda Syaharie Jaang dalam Konferensi Pers di Halaman Rumah Jabatan Walikota Samarinda. Selasa, (14/07/2020). 


Menurut H. Syaharie Jaang, SH, M.Si walikota Samarinda ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) fokus pada pemutusan rantai penularan dari tenaga kesehatan ke masyarakat.

Untuk itu lanjutnya Dinas Kesehatan akan menetapkan karantina wilayah di RS IA Moeis dan akan melakukan telusur kontak ke seluruh tenaga kesehatan dan keluarganya.

“Pemkot akan tetap melakukan kegiatan swab dan rapid massal untuk melakukan deteksi dini penularan, memutus rantai penularan transmisi lokal dan mencegah kematian.

Ia mengatakan Dinkes akan melakukan perubahan pendekatan tata laksana kasus dengan perubahan petunjuk teknis penanganan kasus dari Kementerian Kesehatan.


Di tempat terpisah, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman S.I.K M.SI selaku Wakil Ketua II GTPP Covid-19 menegaskan bahwa pentingnya kepatuhan masyarakat kita terhadap protokol kesehatan “Kami harap agar masyarakat tetap tenang dan patuh pada protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan. Samarinda saat ini masuk pada gelombang epidemik selanjutnya. Jadi tetap patuhi protokol kesehatan,” tegas nya.

Untuk memperketat masyarakat agar mematuhi potokol kesehatan, lanjut dia kapolres, pihaknya akan patroli dan berikan himbauan tentang protokol kesehatan yang telah di anjurkan pemerintah pusat.


Hadir Dalam Konferensi Press tadi, ketua GTPP Covid-19 H. Syaharie Jaang, SH, M.Si didampingi juga Wakil Ketua I GTPP Dandim 0901 yang di wakilkan Pgs Pasi Ops Kodim 0901/Smd Kapten Kav Rifan Yuli Prasetyo, Wakil Ketua II GTPP Covid-19 Kapolresta yang diwakilkan Waka Polrestas Samarinda AKBP Dedi Agustono, S I K, MH, Kepala Sekretariat GTPP Sugeng Chairuddin yang juga Sekda Samarinda, Sekretaris BPBD Hendra AH dan Direktur RSUD IA Moeis dr Syarifah Rahimah.

Tidak ada komentar:

Sosialisasikan Perpres No. 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Saber Pungli Kepada Warga Binaan

AIPDA ROBERTUS Mengsosialisasikan Perpres No. 87 Tahun 2016 Tentang Satuan Tugas Saber Pungli Kepada Warga Binaan Bhabinkamtibmas Kel. Karan...