Senin, 27 Juli 2020

"Kapolresta Samarinda : Anggota Polri Harus Netral Dalam Pelaksanaan Pilkada"

Samarinda - Kepala Kepolisian Resor Kota Samarinda Kombes Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.Si. memimpin pelaksanaan apel pagi di hadapan ratusan personel di Lapangan Apel Mapolresta Samarinda, Kamis (27/07/2020) pagi.

Menyikapi perkembangan politik di Kota Samarinda yang saat ini tahapan pelaksanaan Pilkada Walikota & Wakil Walikota Samarinda sudah mulai bergulir kembali dimasa pandemic Covid-19.

Langkah strategis Kepolisian sudah tergelar dalam rangka mendukung dan mensukseskan Pilkada 2020 di Kota Samarinda.

"Pengamanan khususnya di kantor pemerintahan, penyelenggaraan pemilu dan objek vital lainnya kita pertebal. Kita pastikan hingga hari H nanti Kamtibmas dalam keadaan kondusif dan lancar", Ungkap Kombes Pol. Arif.

Berkaitan dengan akan diselenggarakannya Pilkada Tahun 2020 yang tinggal hitungan bulan saja,  "Saya atas nama Pribadi & Komando mengharapkan untuk seluruh Personel harus menjaga dan menjamin netralitas Polri dalam Pelaksanaan Pilkada 2020", Tegas Kapolresta

Diketehui bahwa Netralitas Polri dalam Pilkada serentak diatur berdasarkan UU No. 7 pasal 200 tahun 2017 tentang Pemilu, UU No 2 pasal 28 tahun 2002 tentang Polri dan Surat edaran Kapolri Nomor : SE/7/VI/2014 tanggal 3 Juni 2014 tentang Pedoman Netralitas Anggota Polri dalam Pemilu dan Pilkada.

Dari dasar tersebut diimplementasikan diantaranya Tidak mengizinkan fasilitas dinas dan juga milik pribadi untuk kegiatan kampanye peserta Pilkada, Tidak boleh gunakan hak memilih dan dipilih dalam Pemilu atau Pilkada, Tidak melibatkan diri dalam politik praktis dan Tidak menguntungkan salah satu parpol/ caleg/ kandidat dalam pelayanan dan pengamanan Pilkada.

Tidak ada komentar:

Polresta Samarinda Talkshow di Radio Kumala

Samarinda - Polresta Samarinda mengudara melalui Radio Kumala Samarinda 96.8 Mhz, Jln. Lambung Mangkurat. dengan mengangkat tema Pelaksanaan...