Rabu, 03 Juni 2020

Silaturahmi Kapolresta dengan Ketua KPU & BAWASLU Kota Samarinda




Polresta Samarinda - Silaturahmi antara Kapolresta Samarinda dengan KPU dan Bawaslu Kota Samarinda, bertempat di Ruang Kerja Kapolresta Samarinda, Rabu (03/06/2020).

Hingga saat ini Work From Home (WFH) masih dilaksanakan bagi staf dan komisioner KPU dan akan mulai aktif kembali pada tanggal 5 Juni 2020. Selama Covid-19, terdapat 4 tahapan yang tertunda, salah satunya verifikasi faktual berkas pendaftaran calon perseorangan karena tidak dapat dilakukan secara virtual sehingga tetap harus turun langsung ke lapangan. Selain itu ada tahap pembentukan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih), untuk tahap ini masih bisa dilakukan tanpa harus turun ke lapangan.

Ketua KPU Samarinda menyampaikan bahwa KPU RI telah meminta kepada KPU Kab/Kota untuk mendata kembali jumlah keperluan tambahan yang akan dirumuskan dalam anggaran tambahan, yang sudah kami rumuskan sementara ini seperti masing-masing TPS akan ada Thermo Gun, Hand Sanitizer, Sabun Cuci Tangan, termasuk untuk Alat Coblos rencananya akan sekali pakai, namun masih akan kami bahas kembali, Ucap Ketua KPU Firman Hidayat, S.Sos.

Kami masih mengalami kesulitan untuk melakukan Pelantikan PPS, karena untuk mengumpulkan massa di luar gedung maksimal hanya 40 orang, skenario awal kami akan lakukan pelantikan di masing-masing Kelurahan menggunakan halaman kantor Lurah. Untuk Tahapan Pilkada yang baru akan sesuai draft akan dimulai kembali pada tanggal 15 Juni 2020, Imbuhnya.



Selain itu Ketua Bawaslu Kota Samarinda juga menyampaikan Bawaslu sebagai pengawas sudah tentu memastikan semua tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan SOP, Terkait Verifikasi Faktual yang wacananya akan dilakukan seperti pelaksanaan sensus, hal tersebut memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa warga tersebut mendukung salah satu paslon, namun tetap harus memperhatikan protokol kesehatan, Ucap Ketua Bawaslu Abdul Muin, S.Sos.

Selain menunggu terbitnya Perpu, kami juga menunggu Peraturan Bawaslu sebagai pedoman kami untuk melakukan pengawasan tahapan di masa pandemi Covid-19 saat ini, Terkait Sosialisasi Pengawasan Pilkada sejak adanya Covid-19 kami melakukan melalui Aplikasi Zoom, ada salah satunya Sosialisasi Pengawasan Partisipatif itu kami lakukan menggunakan Zoom, Imbuhnya.

Menanggapi penyampaian dari Ketua KPU dan Bawaslu Kota Samarinda, Kapolresta Samarinda Kombes Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.Si mengucapkan Terima kasih kepada KPU dan Bawaslu Kota Samarinda yang berkenan hadir, mari kita semua tetap menjaga kesehatan diri masing-masing, Ucapnya.

Terkait masukan dari Bawaslu Samarinda, kami berterima kasih dan akan kami pertimbangkan sebagai pedoman pelaksanaan kerja ke depan, Tutup Kapolresta Samarinda.

Tidak ada komentar:

Patroli Rutin Berikan Himbauan Tentang Covid-19

Polresta Samarinda – Personil Polresta Samarinda terkesan tidak mengenal lelah “jiwaragaku untuk Indonesia” itu yang disampaikan Kapolresta ...