Rabu, 08 Januari 2020

Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana



Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman S.Ik M.Si memimpin apel gelar pasukan dalam rangka penanggulangan bencana yang diselenggarakan di lapangan apel Mako Polresta Samarinda (8/1).

Apel ini dihadiri oleh Ka Kesbangpol Kota Samarinda Sucipto Wasis, Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Kaltim AKBP F. Siagian S.I.K., Wadandenpom Samarinda  Mayor CPM Nurliyanto, Kasatpol PP Kota Samarinda M. Darham, Kepala PMI Samarinda Fachrudin Noor, BPBD Samarinda Hendra, personel TNI Polri, Dishub, Satpol PP, PMI, BPBD, Siaga SAR, PMK, Tagana, Senkom dan Balakarcana Samarinda.

Pada kesempatan apel siaga bencana ini diharapkan mampu saling meningkatkan  kesiapsiagaan khususnya dalam menjawab tantangan ancaman bencana yang relatif lebih mudah ditebak yaitu bencana hidrometeorologi adalah suatu kelompok bencana yang terkait dengan meteorologi dan klimatologi atau cuaca dan iklim yang sering dianggap sebagai bencana rutin di kota Samarinda.

Diperlukan langkah-langkah proaktif dari seluruh anggota Polri dibantu instansi terkait untuk membantu masyarakat apabila terjadi bencana alam di Kota Samarinda.

" Optimalkan Sarana dan Prasarana Polri yang ada di Kesatuan serta berkoordinasi dengan BNPB/BPBD untuk membantu korban bencana" , ucap Kapolresta

Kapolresta Samarinda juga memerintahkan personelnya untuk melaksanakan patroli di perumahan yang ditinggal pemiliknya serta patroli ke pengungsian - pengungsian untuk memberi rasa aman kepada masyarakat. Selain itu juga tim kesehatan Polri agar bekerjasama dengan dinas kesehatan untuk memberikan pengobatan kepada para pengungsi.


" Langkah - langkah proaktif ini diambil sebagai bentuk kesiapan Polri dan Instansi terkait apabila terjadi bencana di Kota Samarinda, personel yang ditunjuk nantinya harus sudah siap dan mengerti apa yang menjadi tugas pokoknya ", tutup Kapolresta

Tidak ada komentar:

Kapolresta samarinda lakukan pemantauan terhadap kapal penumpang yang tiba dari luar daerah

Kapolresta samarinda beserta PJU dan kapolsek dan instansi terkait kota samarinda melakukan pemantauan terhadap kapal penumpang yang tiba...