Rabu, 14 Agustus 2019

Unit Eksus Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas Illegal

Unit Eksus Polresta Samarinda yang dipimpin Kasat Reskrim Kompol Sudarsono SIK MSi berhasil gagalkan penyelundupan baju dan sepatu bekas asal Tawau ( Malaysia). (12/8)

Personel awalnya menerima informasi dari masyarakat bahwa ada pengangkutan barang berupa baju dan sepatu bekas dari daerah Tawau ( Malaysia). Kemudian personel Unit eksus melakukan pemantauan di daerah Kel Tanah Merah, Samarinda yang merupakan jalur masuk kendaraan menuju Kota Samarinda.

Hampir tengah malam (12/8), personel akhirnya mendapati kendaraan truk yang diduga membawa baju dan sepatu bekas tersebut. Setelah di geledah, truk tersebut benar memuat pakaian bekas tersebut sebanyak 20 karung yang dibeli oleh tersangka IP. 

Selanjutnya dari hasil penggeledahan di kediaman IP di Jl KH Wahid Hasyim,  Samarinda Utara, personel kembali menemukan 100 karung pakain bekas yang juga barang selundupan dari luar negeri.

" Barang ini dari Tawau dibawa menggunakan kapal menuju Berau, setelah itu baru dibawa menggunakan truk menuju Samarinda " Ungkap Kasubnit 1 Eksus Ipda Reno.

" Pelaku IP sudah menjalankan usahanya ini kurang lebih 10 tahun ", tambah Ipda Reno.

Tersangka IP diduga telah melakukan tindak pidana pelaku usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan tidak memiliki perizinan dibidang perdagangan yang diberikan oleh Menteri dan atau setiap importir yang mengimpor barang dalam keadaan tidak baru.  Hal ini sebagaimana dimaksud Pasal 106 Jo Pasal 24 ayat 1 dan atau Pasal 111 Jo Pasal 47 Ayat 1 Undang Undang RI No. 7 tahun 2014 tentang perdagangan dengan ancaman hukuman penjara diatas 5 tahun.

" Untuk mengantisipasi pergerakan barang illegal ini, Sat Reskrim tentunya akan melakukan razia razia rutin karena berdasarkan undang-undang untuk impor itu tidak boleh barang bekas tetapi harus baru " tutup Kasat Reskrim Kompol Sudarsono.

Tidak ada komentar:

Kapolresta Samarinda & Dandim 0901/Samarinda Pimpin Patroli Gabungan TNI Polri, Jamin Keamanan Samarinda pada Hari Pelantikan Presiden & Wakil Presiden RI

Samarinda - Minggu (20/10) Dalam rangka menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Samarinda pada hari pelantikan Presiden...